Bandung, Hotel, Jawa Barat, Review Hotel

El Hotel Royale

Sedikitnya sudah tiga kali kami menginap di El Hotel Royale Bandung, sejak dari hotel yang sempat menjadi salah satu ikon Kota Bandung ini belum berganti menggunakan namanya yang sekarang. Ya, hotel ini sebelumnya bernama Grand Royal Panghegar, sebelumnya lagi Hotel Panghegar, dan ketika berdiri pada 1922 bernama van Hengel.

Sangat panjang memang sejarahnya, yang tak semuanya merupakan peristiwa manis. Lokasinya yang sangat strategis di Jalan Merdeka No 2, sangat dekat kemana-mana, menjadikan hotel ini menjadi salah satu pilihan tervaforit pebisnis maupun pelancong ketika hendak menginap di Kota Bandung.

Perubahan nama menjadi El Hotel Royale Bandung terjadi pada bulan Juni 2017, setelah sebelumnya pada akhir 2016 kepemilikannya berpindah tangan melalui proses lelang yang kabarnya senilai Rp371 miliar oleh sebab statsu hotelnya dinyatakan pailit karena gagal membayar kewajiban-kewajiban keuangannya.

Lobi El Hotel Royale adalah tempat resepsionis dan ruang tunggu yang memperlihatkan segmen tamunya, lega, rapih, bersih, mewah dan berkelas. Beberapa orang petugas hotel tampak tengah melayani tamu check in yang sebagaimana umumnya hotel baru bisa dilakukan sekitar jam 2 siang. Jika beruntung sudah ada kamar yang siap, tamu bisa masuk ke kamar lebih awal.

Akses masuk ke hotel ada di ujung Jalan Merdeka Bandung, di kiri jalan. Halaman depannya tak begitu lebar, hanya cukup bagi mobil berpapasan dengan bundaran kecil sebagai putaran yang ada di depan pintu lobi untuk menurunnaikkan tamu. Jika lurus maka mobil akan turun dan masuk ke area parkir bawah tanah yang terhubung lift ke lobi hotel.

Yang paling mengesankan di area lobi hotel adalah adanya deretan wayang golek di sisi kanan hingga belakang resepsionis, mengingatkan saya pada Wayang Golek Pak Dase. Jumlahnya mungkin mendekati angka seratusan, berukuran normal, lengkap dengan pakaian dan aksesorisnya yang dibuat dengan sangat rinci dan indah. Jika saja masing-masing ditempel label nama wayang goleknya, tentu akan lebih menarik.

Tempat tidur di kamar yang kami sewa hari itu di El Hotel Royale Bandung cukup nyaman. Biasanya kami selalu memesan kamar dengan double bed, namun jika tidak ada maka kami meminta kamar dengan single bed namun dirapatkan. Kamar ini berada di sayap kiri hotel, merupakan bangunan baru bertingkat tinggi. Kami memilih kamar dengan pandangan menghadap ke arah kolam renang.

Fasilitas kamar bisa dibilang lengkap, dengan lemari gantungan baju dan lacinya, meja koper dan tempat sandal, TV dengan channel lengkap, AC sentral, meja dengan tiga buah kursi, sofa yang nyaman, teko listrik dan kelengkapan teh kopi gula cangkir serta kran bak cuci di sebelahnya, dan komplimen dua botol air. Penataan lampu kamarnya bagus, dan gorden juga dibuat dengan baik.

Jika saja ada komplimen jajanan seperti sebatang coklat di atas kasur, atau dua buah apel di atas meja, tentu akan lebih mengesankan. Lantai kamar dilapis kayu membuatnya terkesan mewah, dengan wastafel menempel pada dinding dekat pintu kamar mandi, lengkap dengan cermin dan pengering rambut. Ada pula safety box. Di kamar mandinya yang bersih ada bath tub dan closet duduk bagus.

Kolam renang El Hotel Royale Bandung berbentuk persegi. Di dua sudutnya dibuat kolam renang air hangat berbentuk bundar buat anak-anak. Kursi jemur yang dicat warna putih disediakan cukup banyak di sisi utara dan selatan, sedangkan sisi barat yang lebih rendah lantainya disediakan meja kursi untuk tempat menunggu dan makan. Di sebelahnya lagi ada ruang untuk gym dan massage yang nyaman.

Restoran untuk sarapan pagi ada di lantai lobi dengan ragam makanan yang baik, termasuk makanan dan jajanan lokal. Di lobi El Hotel Royale Bandung biasanya juga ada penampilan musik tradisional Jawa Barat, dimana pengunjung punya kesempatan untuk menabuhnya. Di area menuju lift ada mini market yang menyediakan makanan minuman ringan cukup lengkap.

Di malam hari kami sempat mengunjungi restoran di lantai paling atas tower El Hotel Royale Bandung di sayap yang kami tinggali, meski tidak makan di sana. Restoran ini cukup luas dan suasananya menyenangkan, cocok untuk keluarga atau berduaan dengan kekasih. Di sebelah restoran ada dek pandang dengan panorama Kota Bandung yang cukup sedap dilihat, meski membuat gamang karena berada di ketinggian.

el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung el hotel royale bandung

Secara umum pengalaman kami menginap di El Hotel Royale Bandung bisa dikatakan menyenangkan, dan akan menjadi salah satu pilihan favorit jika hendak menginap di Kota Bandung. Apalagi jika membawa anak kecil oleh karena ada kolam renang air hangatnya. Nilai 4,8 dari skala 5.


Alamat El Hotel Royale berada di Jl. Merdeka No.2, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Telp 022-4232286. Lokasi GPS : Google Maps, Waze. Rute Bandros, Tempat Wisata di Bandung, Peta Wisata Bandung, Hotel Murah di Bandung, Hotel di Bandung.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 13, 2021.