El Hotel Royale Bandung

February 14, 2020. Label:
Sedikitnya sudah tiga kali kami menginap di El Hotel Royale Bandung, sejak dari hotel yang sempat menjadi salah satu ikon Kota Bandung ini belum berganti menggunakan namanya yang sekarang. Ya, hotel ini sebelumnya bernama Grand Royal Panghegar, sebelumnya lagi Hotel Panghegar, dan ketika berdiri pada 1922 bernama van Hengel.

Sangat panjang memang sejarahnya, yang tak semuanya merupakan peristiwa manis. Lokasinya yang sangat strategis di Jalan Merdeka No 2, sangat dekat kemana-mana, menjadikan hotel ini menjadi salah satu pilihan tervaforit pebisnis maupun pelancong ketika hendak menginap di Kota Bandung.

Perubahan nama menjadi El Hotel Royale Bandung terjadi pada bulan Juni 2017, setelah sebelumnya pada akhir 2016 kepemilikannya berpindah tangan melalui proses lelang yang kabarnya senilai Rp371 miliar oleh sebab statsu hotelnya dinyatakan pailit karena gagal membayar kewajiban-kewajiban keuangannya.

el hotel royale bandung

Lobi El Hotel Royale dimana terdapat resepsionis memperlihatkan segmen tamunya, lega, rapih, bersih, mewah dan berkelas. Beberapa orang petugas hotel tampak tengah melayani tamu check in yang sebagaimana umumnya hotel baru bisa dilakukan sekitar jam 2 siang. Jika beruntung sudah ada kamar yang siap, tamu bisa masuk ke kamar lebih awal.

Akses masuk ke hotel ada di ujung Jalan Merdeka Bandung, di kiri jalan. Halaman depannya tak begitu lebar, hanya cukup bagi mobil berpapasan dengan bundaran kecil sebagai putaran yang ada di depan pintu lobi untuk menurunnaikkan tamu. Jika lurus maka mobil akan turun dan masuk ke area parkir bawah tanah yang terhubung lift ke lobi hotel.

Yang paling mengesankan di area lobi hotel adalah adanya deretan wayang golek di sisi kanan hingga belakang resepsionis, mengingatkan saya pada Wayang Golek Pak Dase. Jumlahnya mungkin mendekati angka seratusan, berukuran normal, lengkap dengan pakaian dan aksesorisnya yang dibuat dengan sangat rinci dan indah. Jika saja masing-masing ditempel label nama wayang goleknya, tentu akan lebih menarik.

el hotel royale bandung

Penampakan penataan tempat tidur di kamar yang kami sewa hari itu di El Hotel Royale Bandung. Biasanya kami selalu memesan kamar dengan double bed, namun jika tidak ada maka kami meminta kamar dengan single bed namun dirapatkan. Kamar ini berada di sayap kiri hotel, merupakan bangunan baru bertingkat tinggi. Kami memilih kamar dengan pandangan menghadap ke arah kolam renang.

Fasilitas kamar bisa dibilang lengkap, dengan lemari gantungan baju dan lacinya, meja koper dan tempat sandal, TV dengan channel lengkap, AC sentral, meja dengan tiga buah kursi, sofa yang nyaman, teko listrik dan kelengkapan teh kopi gula cangkir serta kran bak cuci di sebelahnya, dan komplimen dua botol air. Penataan lampu kamarnya bagus, dan gorden juga dibuat dengan baik.

Jika saja ada komplimen jajanan seperti sebatang coklat di atas kasur, atau dua buah apel di atas meja, tentu akan lebih mengesankan. Lantai kamar dilapis kayu membuatnya terkesan mewah, dengan wastafel menempel pada dinding dekat pintu kamar mandi, lengkap dengan cermin dan pengering rambut. Ada pula safety box. Di kamar mandinya yang bersih ada bath tub dan closet duduk bagus.

Kolam renang El Hotel Royale Bandung berbentuk persegi. Di dua sudutnya dibuat kolam renang air hangat berbentuk bundar buat anak-anak. Kursi jemur yang dicat warna putih disediakan cukup banyak di sisi utara dan selatan, sedangkan sisi barat yang lebih rendah lantainya disediakan meja kursi untuk tempat menunggu dan makan. Di sebelahnya lagi ada ruang untuk gym dan massage yang nyaman.

Restoran untuk sarapan pagi ada di lantai lobi dengan ragam makanan yang baik, termasuk makanan dan jajanan lokal. Di lobi El Hotel Royale Bandung biasanya juga ada penampilan musik tradisional Jawa Barat, dimana pengunjung punya kesempatan untuk menabuhnya. Di area menuju lift ada mini market yang menyediakan makanan minuman ringan cukup lengkap.

Di malam hari kami sempat mengunjungi restoran di lantai paling atas tower El Hotel Royale Bandung di sayap yang kami tinggali, meski tidak makan di sana. Restoran ini cukup luas dan suasananya menyenangkan, cocok untuk keluarga atau berduaan dengan kekasih. Di sebelah restoran ada dek pandang dengan panorama Kota Bandung yang cukup sedap dilihat, meski membuat gamang karena berada di ketinggian.

Secara umum pengalaman kami menginap di El Hotel Royale Bandung bisa dikatakan menyenangkan, dan akan menjadi salah satu pilihan favorit jika hendak menginap di Kota Bandung. Apalagi jika membawa anak kecil oleh karena ada kolam renang air hangatnya. Nilai 4,8 dari skala 5.

El Hotel Royale Bandung

Jl. Merdeka No.2, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Telp 022-4232286. Lokasi GPS : Google Maps, Waze.

Video El Hotel Royale



Info Bandung

Rute Bandros, Tempat Wisata di Bandung, Peta Wisata Bandung, Hotel Murah di Bandung, Hotel di Bandung.

Galeri Foto El Hotel Royale


el hotel royale bandung

Kolam renang dilihat dari kamar hotel.

el hotel royale bandung

Kolam renang air hangat buat anak-anak terlihat di dua sudut kolam renang sebelah kiri.

el hotel royale bandung

Selain di sebelah kanan kolam renang, di sebelah kiri juga ada tempat meja kursi untuk orang tua yang mengawasi anak cucunya berenang di kolam dangkal.

el hotel royale bandung

Di sebelah kanan ada kolam memanjang yang menampung luberan air dan kemudian dipompa lagi ke kolam setelah mungkin melewati filter kotoran.

el hotel royale bandung

Di ujung kiri sana adalah tower El Hotel Royale dimana kami menginap. Tower yang lama ada di sebelah kanan dan kalau tak salah di puncaknya ada restoran yang berputar.

el hotel royale bandung

Ini sepertinya adalah kursi-kursi untuk perawatan kaki dan kuku. Letaknya persis di sebelah kanan kolam renang.

el hotel royale bandung

Ruang massage, lengkap dengan bath tub entah untuk membersihkan lulur, untuk mandi susu atau mandi kembang.

el hotel royale bandung

Tempat massage lainnya, yang lokasinya juga berada di sebelah kanan kolam renang.

el hotel royale bandung

Kolam renang adalah tempat dimana anak-anak bisa berkenalan dengan teman sebayanya, meski mungkin hanya bertemu sekalinya itu.

el hotel royale bandung

Pandangan lainnya ke kolam renang dari dalam kamar hotel.

el hotel royale bandung

Deretan wayang golek elok yang lokasinya berada di samping meja resepsionis El Hotel Royale Bandung, dan menjadi salah satu ciri khasnya.

el hotel royale bandung

Berfoto di samping wayang golek, yang semoga saja suatu saat nanti setiap bonekanya ditempel namanya.

el hotel royale bandung

Kamar hotel pada arah ke arah pintu dengan TV LCD berukuran sedang dipasang di atas meja.

el hotel royale bandung

Wastafel, cermin, dan pengering rambut yang berada di samping pintu masuk ke kamar mandi.

el hotel royale bandung

Teko listrik dan kelengakapan minumannya serta tempat mencuci gelas disediakan di sebelahnya. Praktis.

el hotel royale bandung

Safety box buat menyimpan barang berharga.

el hotel royale bandung

Kamar mandi yang bagus, meskipun saya lebih suka mandi di bawah shower air hangat.

el hotel royale bandung

Kamar hotel yang ditata dengan apik dan nyaman.

el hotel royale bandung

Sofa empuk yang bisa dipakai buat tidur atau leyehan dengan pandangan ke kolam renang. Ada lampu pula di atasnya sehingga enak buat membaca.

el hotel royale bandung

Sudut pandang lainnya pada kamar hotel.

el hotel royale bandung

Pandangan lainnya pada kolam renang, dengan kursi jemur yang cukup banyak di area yang lega.

el hotel royale bandung

Pandangan tegak pada era kolam renang.

el hotel royale bandung

Area di depan lift.

el hotel royale bandung

Lorong menuju kamar hotel.

el hotel royale bandung

el hotel royale bandung
Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Kembali ke atas ↑