Bogor, Jawa Barat, Wayang Golek

Wayang Golek Pak Dase

Wayang Golek Pak Dase Bogor adalah salah satu produk seni tradisional cantik yang namanya banyak disebut dalam buku panduan wisata dunia, 30 semuanya, ditulis dalam berbagai bahasa. Pak Dase dicari oleh banyak orang, baik orang lokal maupun asing, untuk mengukir muka mereka pada wayang golek ukir kayunya yang bermutu tinggi.

Pinjamkan foto anda, dapatkan persetujuan tentang harganya, dan 10 hari kemudian anda akan menerima sebuah wayang golek indah dengan wajah anda dan kostum yang anda paling sukai! Pak Dase tinggal di rumah dan bengkel kerjanya yang berada di Lebak Kantin RT 02/VI, di perkampungan yang padat di dekat sungai Ciliwung, Bogor.

Ia memulai usahanya dengan menjadi pedagang asongan di pinggiran Kebun Raya Bogor, menjual wayang golek di tahun 1976, dan bertahun kemudian ia membangun merk kuat untuk wayang golek kayu tradisionalnya yang bermutu tinggi. Wayang golek buatannya terbuat dari kayu lame atau Pulai (Alstonia spp), yang merupakan jenis kayu kesukaannya.

Wajah pasangan Wayang Golek Pak Dase dibuat nyaris mirip, meski pria dan wanita. Keduanya sama-sama menyerupai wanita, dengan alis tipis, dan bibir merah. Hanya pada makuta di kepala, ornamen pada kain dan dada yang berbeda. Ukuran yang pria juga sedikit lebih besar.

Selain tokoh yang diambil dari Mahabharata dan Ramayana, Wayang Golek Pak Dase juga membuat wayang golek dengan wajah dan pakaian tradisional Sunda. Ia juga menerima pesanan khusus, yang harganya bergantung tingkat kesulitannya. ia bisa meminta Rp.1.750.00 per buah, lengkap dengan kostum khusus sesuai permintaan, dengan tinggi 75 cm.

Saat itu ada seorang pekerja yang tengah mengukir kayu pada bagian kepala. Pak Dase dibantu sampai 19 pekerja saat banyak pesanan, yang hampir semua bekerja di rumah masing-masing, dengan sentuhan akhir ia lakukan sendiri. Cara ini menghemat pengeluaran, karena tidak ada biaya tetap yang ia tanggung agar usahanya agar tetap berjalan.

Sempat saya ambil foto Pak Dase bersama dengan sepasang Wayang Golek Rama dan Shinta buatan bengkel seninya. Wayang golek itu dilengkapi pernik pakaian yang indah, dan ukiran muka serta hiasan kepala yang sangat halus. Itulah yang merupakan elemen pekerjaan yang menentukan mutu akhir dari produk wayang golek. Harga untuk jenis ini adalah Rp.650.000 untuk satu pasang.

Meskipun mungkin tak selancar ahlinya, Pak Dase ternyata bisa berbicara dalam beberapa bahasa asing. Cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya dalam membuat transaksi bisnis dengan para tamunya yang datang dari berbagai negara. Menurut pengakuannya ia lahir pada tahun 1955, telah menikah dan dikaruniai 11 anak dan 4 cucu.

Pesananan khusus lebih mahal harganya karena tingkat kegagalan kerjanya bisa 2-3 kali lipat dalam mengerjakan pesanan khusus itu. Di teras depan rumahnya terlihat geletakan kayu lame di atas tampah tengah dijemur di bawah sinar matahari langsung. Kayu lame karakternya kuat namun ringan, dan tidak mudah patah saat diukir.

Pajangan sejumlah hasil karya Wayang Golek Pak Dase ditempel begitu saja pada dinding tanpa penutup kaca untuk melindunginya dari debu. Kebanyakan wayang golek dibuat secara berpasangan. Di bawah pajangan ini terdapat tumpukan buku panduan wisata, semuanya terbitan oenulis asing, dimana nama dan wayang goleknya tercetak di dalamnya.

Pak Dase orang Sunda asli. Ia lahir ketika ibunya berasa ingin buang air besar, namun justru bayi Dase yang keluar. Pak Dase lahir hari Selasa saat bisnis kontraktor ayahnya berjalan baik, jadilah Dase: Da (darajat = kedudukan baik) dan Se (Selasa). Nama belakangnya Spartacus, film yang dibintangi Joel Bryner, bintang kegemaran ayahnya.

wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor wayang golek pak dase bogor

Wayang Golek Pak Dase layak kunjung, selain belanja di Factory-Outlet, dan membeli asinan Bogor. Akses kendaraan dari Jalan Salak, belok kiri di belokan pertama ke Jalan Sempur, parkir di lapangan dekat jalan raya. Lanjut jalan kaki menyeberangi jembatan Sungai Ciliwung, turun persis di sebelah jembatan, ikuti jalan, dan tanya.

Alamat Wayang Golek Pak Dase berada di daerah Lebak Kantin RT 02/VI, Kelurahan Sempur, Bogor. Telepon: 0251-838 3758, HP: 0813 8303 9282. Lokasi GPS : -6.59186, 106.79882, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 26, 2021.