Wayang Golek Pak Dase Bogor

January 14, 2019. Label:

Wayang Golek Pak Dase Bogor adalah salah satu produk seni tradisional cantik yang namanya banyak disebut dalam buku panduan wisata dunia, 30 semuanya, ditulis dalam berbagai bahasa. Pak Dase dicari oleh banyak orang, baik orang lokal maupun asing, untuk mengukir muka mereka pada wayang golek ukir kayunya yang bermutu tinggi.

Pinjamkan foto anda, dapatkan persetujuan tentang harganya, dan 10 hari kemudian anda akan menerima sebuah wayang golek indah dengan wajah anda dan kostum yang anda paling sukai! Pak Dase tinggal di rumah dan bengkel kerjanya yang berada di Lebak Kantin RT 02/VI, di perkampungan yang padat di dekat sungai Ciliwung, Bogor.

Ia memulai usahanya dengan menjadi pedagang asongan di pinggiran Kebun Raya Bogor, menjual wayang golek di tahun 1976, dan bertahun kemudian ia membangun merk kuat untuk wayang golek kayu tradisionalnya yang bermutu tinggi. Wayang golek buatannya terbuat dari kayu lame atau Pulai (Alstonia spp), yang merupakan jenis kayu kesukaannya.

wayang golek pak dase bogor

Wajah kedua Wayang Golek Pak Dase Bogor ini mirip, meski pria dan wanita. Keduanya sama-sama menyerupai wanita, dengan alis tipis, dan bibir merah. Hanya pada makuta di kepala, ornamen pada kain dan dada yang berbeda. Ukuran yang pria juga sedikit lebih besar.

Selain tokoh yang diambil dari Mahabharata dan Ramayana, Wayang Golek Pak Dase juga membuat wayang golek dengan wajah dan pakaian tradisional Sunda. Ia juga menerima pesanan khusus, yang harganya bergantung tingkat kesulitannya. ia bisa meminta Rp.1.750.00 per buah, lengkap dengan kostum khusus sesuai permintaan, dengan tinggi 75 cm.

Saat itu ada seorang pekerja yang tengah mengukir kayu pada bagian kepala. Pak Dase dibantu sampai 19 pekerja saat banyak pesanan, yang hampir semua bekerja di rumah masing-masing, dengan sentuhan akhir ia lakukan sendiri. Cara ini menghemat pengeluaran, karena tidak ada biaya tetap yang ia tanggung agar usahanya agar tetap berjalan.

wayang golek pak dase bogor

Pak Dase bersama dengan sepasang Wayang Golek Rama dan Shinta buatan bengkel seninya. Wayang golek ini dilengkapi pernik pakaian yang indah, dan ukiran muka serta hiasan kepala yang sangat halus. Itulah yang merupakan elemen pekerjaan yang menentukan mutu akhir dari produk wayang golek. Harga untuk jenis ini adalah Rp.650.000 untuk satu pasang.

Meskipun mungkin tak selancar ahlinya, Pak Dase ternyata bisa berbicara dalam beberapa bahasa asing. Cukup untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya dalam membuat transaksi bisnis dengan para tamunya yang datang dari berbagai negara. Menurut pengakuannya ia lahir pada tahun 1955, telah menikah dan dikaruniai 11 anak dan 4 cucu.

Pesananan khusus lebih mahal harganya karena tingkat kegagalan kerjanya bisa 2-3 kali lipat dalam mengerjakan pesanan khusus itu. Di teras depan rumahnya terlihat geletakan kayu lame di atas tampah tengah dijemur di bawah sinar matahari langsung. Kayu lame karakternya kuat namun ringan, dan tidak mudah patah saat diukir.

Pajangan sejumlah hasil karya Wayang Golek Pak Dase ditempel begitu saja pada dinding tanpa penutup kaca untuk melindunginya dari debu. Kebanyakan wayang golek dibuat secara berpasangan. Di bawah pajangan ini terdapat tumpukan buku panduan wisata, semuanya terbitan oenulis asing, dimana nama dan wayang goleknya tercetak di dalamnya.

Pak Dase orang Sunda asli. Ia lahir ketika ibunya berasa ingin buang air besar, namun justru bayi Dase yang keluar. Pak Dase lahir hari Selasa saat bisnis kontraktor ayahnya berjalan baik, jadilah Dase: Da (darajat = kedudukan baik) dan Se (Selasa). Nama belakangnya Spartacus, film yang dibintangi Joel Bryner, bintang kegemaran ayahnya.

Wayang Golek Pak Dase layak kunjung, selain belanja di Factory-Outlet, dan membeli asinan Bogor. Akses kendaraan dari Jalan Salak, belok kiri di belokan pertama ke Jalan Sempur, parkir di lapangan dekat jalan raya. Lanjut jalan kaki menyeberangi jembatan Sungai Ciliwung, turun persis di sebelah jembatan, ikuti jalan, dan tanya.

Wayang Golek Pak Dase Bogor

Alamat : Lebak Kantin RT 02/VI, Kel Sempur, Bogor. Telepon: 0251-838 3758, HP: 0813 8303 9282. Lokasi GPS : -6.59186, 106.79882, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto Wayang Golek Pak Dase

Selain tokoh yang diambil dari Mahabharata dan Ramayana, Wayang Golek Pak Dase juga membuat wayang golek dengan wajah dan pakaian tradisional Sunda. Ia juga menerima pesanan khusus, yang harganya bergantung tingkat kesulitannya. ia bisa meminta Rp.1.750.00 per buah, lengkap dengan kostum khusus sesuai permintaan, dengan tinggi 75 cm.

wayang golek pak dase bogor

Wajah kedua wayang golek ini mirip, meski pria dan wanita. Keduanya sama-sama menyerupai wanita, dengan alis tipis, dan bibir merah. Hanya pada makuta di kepala, ornamen pada kain dan dada yang berbeda. Ukuran yang pria juga sedikit lebih besar.

wayang golek pak dase bogor

Tampak samping wayang golek Rama dan Shinta, memperlihatkan ornamen bagian samping makuta, dan bentuk ornamen pada lengan wayang. Kedua wayang ini sama-sama menggunakan anting ganda di kedua telinganya.

wayang golek pak dase bogor

Pajangan sejumlah hasil karya Wayang Golek Pak Dase yang ditempel begitu saja pada dinding tanpa penutup kaca untuk melindunginya dari debu. Kebanyakan wayang golek dibuat secara berpasangan. Di bawah pajangan ini terdapat tumpukan buku panduan wisata, semuanya terbitan oenulis asing, dimana nama dan wayang goleknya tercetak di dalamnya.

wayang golek pak dase bogor

Seorang pengrajin yang membantu pak Dase tempak tengah bekerja menghaluskan sebuah kepala wayang golek. Sementara di depannya menumpuk sejumlah kepala wayang yang belum selesai dikerjakan.

wayang golek pak dase bogor

Bukan hanya warna, dan ornamen wayang golek yang dibuat dengan ragam jenis lumayan banyak, namun kain batik yang dikenakan oleh para wayang golek juga sangat beragam dan memperlihatkan kekayaan budaya kita.

wayang golek pak dase bogor

Wayang golek berwajah kera dan berkulit putih itu tentulah Hanoman, tokoh yang diambil dari kisaha Ramayan, namun Raja Kera Hanoman juga bisa ditemui dalam cerita pewayangan dalam kisah Mahabharata.

wayang golek pak dase bogor

Ekspresi wajah di hampir semua wayang golek buatan Pak Dase terlihat datar saja, nyaris tanpa emosi. Hampir semua wayang juga dibuat dengan posisi kepala yang sedikit menunduk.

wayang golek pak dase bogor

Jika bukan Bima dalam kisah Dewa Ruci, maka wayang golek dengan ular naga melilit di lehernya itu tentulah Gatotkaca. Namun Bima lebih cocok, karena pada jarinya terlihat sepasang kuku Pancanaka yang sangat terkenal itu. Lagipula Gatotkaca mengenakan baju pusaka bergambar bintang pada dadanya.

wayang golek pak dase bogor

Di teras depan rumah Pak Dase terlihat geletakan kayu lame di atas sebuah tampah yang tengah dijemur di bawah sinar matahari langsung. Kayu lame karakternya kuat namun ringan, dan tidak mudah patah saat diukir.

wayang golek pak dase bogor

Wajah wayang golek pria dan memang wanita nyaris sama, masing-masing dengan alis tipis melengkung, mata lancip dengan bulu mata panjang, dan bibir merah. Yang membedakannya hanya mahkota kepala, dan pernik pakaiannya.

wayang golek pak dase bogor

Bagian wajah dengan makuta memang lebih mudah jika dipisahkan, dengan demikian ada fleksibilitas lebih besar dalam pembuatan wajah yang bisa digunakan baik pada wayang golek laki mau pun perempuan.

wayang golek pak dase bogor

Pandangan dekat yang memperlihatkan pakaian dan aksesori wayang golek Shinta yang mengenakan kemben dengan pundak terbuka.

wayang golek pak dase bogor

Pandangan dekat dari arah samping pada wayang golej Rama dan Shinta, memperlihatkan adanya sedikit perbedaan pada dandanan rambut belakang keduanya. Sedangkan ornamen pada lengan tidak ada perbedaan.

wayang golek pak dase bogor

Pandangan dekat pada wayang golek Rama yang memperlihatkan detail ukir kayunya, serta sulaman pada pakainnya.

wayang golek pak dase bogor

Pandangan dekat pada wayang golek Shinta atau Sita yang juga memperlihatkan detail ukir serta aksesorinya. Kepala dan tangan wayang yang bisa digerakkan akan memudahkan pengaturan posisi wayang sesuai dengan selera pembelinya.

wayang golek pak dase bogor

Info Bogor

Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac. Follow aroengbinang !

Loading comments…

Jejak Pembaca

Baca Pula