Gua, Payakumbuh, Sumatera Barat

Ngalau Indah Payakumbuh

Ngalau Indah Payakumbuh merupakan kawasan gua kapur yang berada di lereng Bukit Simarajo, Kota Payakumbuh, dengan kontur sangat unik, berundak dan berbatuan indah. Area parkir Ngalau Indah ini berada pada ketinggian bukit, sekitar 750 m dari tepian Jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh, dengan pemandangan lepas ke arah area perkotaan.

Penanda tempat wisata Ngalau Indah Payakumbuh kami lihat di sebelah kanan jalan menuju ke arah gua, yaitu di dekat pertigaan di Jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh. "Ngalau" adalah bahasa setempat yang berarti gua. Di sekitar area parkir kendaraan yang cukup luas terdapat sejumlah warung sederhana yang bisa untuk menambal perut jika kelaparan.

Di tepian area parkir juga terdapat papan berisi denah Ngalau Indah yang dibuat dengan cukup baik dan informatif. Denah itu memperlihatkan pintu-pintu gua, alur lintasan yang di luar dan di dalam gya, undakan dan nama buatan apa saja yang akan dilihat oleh pengunjung di dalam Ngalau Indah. Seorang pemandu menemani saya masuk ke dalam gua.

ngalau indah payakumbuh

Undakan menuju mulut gua Ngalau Indah yang cukup landai dan kondisinya masih baik sehingga relatif mudah untuk ditapaki oleh para pengunjung. Awal undakan gua ini berada di sisi sebelah kiri area parkir. Dibanding Gua Petruk Kebumen, jumlah undakan di Ngalai Indah terbilang masih sedikit, dengan rimbun pepohonan berusia tua meneduhi area mulut gua.

Sebuah batu berukuran besar berbentuk lonjong seperti sebuah telur raksasa terlihat pada posisi berdiri di dekat mulut Ngalau Indah. Tidak jauh di belakangnya ada lagi batu yang berukuran agak lebih kecil. Area di dekat mulut gua tergolong sangat luas dengan penerangan yang lumayan baik. Dari tempat itu terdapat undakan menurun ke arah dasar gua.

Tidak berapa jauh dari mulut gua terdapat ruangan luas dimana terdapat Batu Gajah yang pertama, dan beberapa batuan besar lainnya yang bentuknya menyerupai sebuah altar. Sejumlah stalagmit dan stalaktit yang ada di salam Ngalau Indah Payakumbuh ini memang diberi nama, disesuaikan dengan imajinasi dan kemiripan bentuk batuannya.

ngalau indah payakumbuh

Salah satu bagian dinding gua Ngalau Indah Payakumbuh berwarna putih kekuningan dengan lekuk-lekuk indah. Sayang sekali tangan-tangan jahil tak beradab masih saja tega mengotori keindahan dinding gua yang elok ini. Permukaan bawah dan atap langit Ngalau Indah memiliki ketinggian sangat bervariasi, membuatnya menjadi lebih menarik.

Kami menapaki undakan dengan langit tinggi yang dibalut batuan kapur putih kekuningan dan abu-abu. Penerangan di dalam Ngalau Indah ini cukup baik, demikian juga dengan sirkulasi udaranya. Tak lama kemudian kami melihat salah satu mulut keluar gua, namun pemandu mengatakan bahwa pengunjung biasanya tidak keluar dari mulut gua ini.

Dinding-dinding tinggi yang terbentuk dari lelehan batu kapur yang berlangsung selama ratusan tahun menciptakan bentuk-bentuk yang artistik di dalam gua. Di terangi lampu senter, terdapat dinding batuan kapur mengandung kuarsa yang berkeredep biru keunguan ketika terkena bias sinar. Ada pula stalagtit yang menyerupai nganga mulut raksasa.

ngalau indah payakumbuh

Penampakan sebuah stalagmit Ngalau Indah yang bentuknya menyerupai singgasana raja dengan beberapa kolom membentuk relung di belakangnya. Batuan stalagtit dan stalagmit di dalam gua diberi penanda oleh penduduk dengan nama Batu Gajah, Batu Tetesan Air Mata, Batu Tangkai Payung, Batu Kelambu, Batu Tirai Pengantin, serta Batu Ibu Menangis.

Setelah beberapa saat menyusuri jalan setapak yang naik turun dan menikmati keindahan stalaktit stalagmitnya, sampailah kami di undakan Ngalau Indah yang menuju mulut gua ketiga yang berfungsi sebagai pintu keluar. Meskipun terlihat agak kurang bersih dan kurang terawat, namun kondisi gua masih bisa dikatakan cukup baik.

Dari luar gua di Bukit Simarajo kami bisa melihat Jalan Bukittinggi - Payakumbuh, dengan hamparan sawah subur dan pemandangan bukit hijau di sisi kiri yang mulai dikelupas. Jika tidak dikendalikan maka cepat atau lambat pembangunan, penambangan, dan permukiman penduduk bakal merampas keindahan alam yang tercipta selama ratusan tahun.


Ngalau Indah Payakumbuh

Alamat: Bukit Simarajo, Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasi GPS : -0.25489,100.6043, Waze. Tempat Wisata di Payakumbuh, Peta Wisata Payakumbuh.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 23, 2020.