Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur

November 15, 2019
aroengbinang.com - Beberapa bulan yang lalu kami menyempatkan waktu untuk mampir ke Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur, sebuah nama yang sebenarnya sudah agak lama terdengar di telinga namun hingga hari itu tidak pernah masuk ke dalam radar sebagai tempat yang hendak dikunjungi.

Meskipun sudah berkali-kali datang ke kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah yang ada di wilayah Jakarta Timur ini, kadang untuk menghadiri kondangan seorang teman atau kenalan, namun hingga saat tulisan ini dibuat pun masih ada tempat atau wahana yang belum pernah kami kunjungi.

Sebagian sebabnya karena luas kompleks TMII ini, yang membuat stamina tubuh untuk menjelajahinya dalam sekali kunjung menjadi terbatas, sebagian lagi karena berkunjung ke tempat yang sama beberapa kali. Itu karena pengalaman yang baik pada kunjungan sebelumnya, atau ada yang terlewati sehingga ingin berkunjung kembali. Itulah mengapa kunjungan ke Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur baru terlaksana, setelah diniatkan benar.

teater 4 dimensi tmii
Tampak depan gedung Teater 4 Dimensi TMII dengan mengambil bentuk seperti rumah adat Toraja dengan tulisan 4D berwarna gradasi merah maroon dan hitam di atas pintu masuknya. Sejumlah ornamen menempel pada dinding di sekitar pintu masuk itu.

Tempat parkirnya yang dipasangi tatanan paving blok terbilang luas sehingga tak perlu khawatir kesulitan menemukan tempat parkir. Jika beruntung bisa mendapatkan slot yang berada paling dekat ke pintu masuk, yang akan membantu bagi yang pergi bersama orang sepuh.

Selain sejumlah poster promosi diantaranya tentang film yang diputar di Teater 4 Dimensi TMII, juga ada kolam bundar kecil dengan patung elok diletakkan tepat di tengahnya. Patung itu menggambarkan tiga orang anak, salah satunya duduk di puncak batu, dan satu anak wanita tengah menarik tangan anak yang ketiga untuk membantunya naik ke atas batu.

teater 4 dimensi tmii
Suasana di dalam gedung Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur yang terlihat sesaat setelah melewati pintu masuk dari area parkir. Ada meja petugas dan kursi bagi tamu, namun tak tampak ada orang yang menjaga di sana. Mungkin karena saat itu memang sedang sepi pengunjung yang bisa membuat orang bosan tak ada yang dikerjakan.

Pada dinding menempel beberapa buah poster, dengan tiga yang pertama berisi informasi tentang judul dan karakter film 3 atau 4 dimensi yang diputar di sana. Ada yang berjudul Billy’s Sky Adventure (stereoscopy 3D Animation) dengan karakter bebek dan serigala, lalu ada judul Salamander dengan karakter satwa itu bersama beberapa satwa lain di alam air, dan Space 4Dssey, gabungan atau plesetan dari 4d dan odyssey.

Di sebelah kanan ruangan depan Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur adalah restoran dengan tempat duduk yang cukup banyak dan lumayan nyaman. Di sebelah kiri ada masakan Padang yang tutup waktu itu, dan di sebelah kanan ada aneka minuman dan makanan yang dimasak di tempat dengan seorang koki berjaga di sana. Di luar jendela kaca ada semacam anjungan untuk memandang danau yang berisi miniatur pulau-pulau di Indonesia.

teater 4 dimensi tmii
Kursi di ruangan tunggu Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur dengan tulisan yang beirisi tantangan berbunyi “Berani Mencoba? Silahkan Duduk”. Alih-alih dilapis jok empuk agar senyaman mungkin ketika diduduki, kursi ini malahan dipasangi dengan deretan paku tajam yang disusun rata dan rapi membentuk bidang segi empat. Berani?

Tentu saja berani, oleh karena meskipun ujungnya tajam, namun paku-paku itu disusun dengan jarak yang relatif rapat dan dalam jumlah banyak yang sanggup menampung area selebar bokong manusia. Ketika orang duduk di atasnya, berat badan yang disalurkan lewat bokong terbagi dengan merata pada paku-paku itu, sehingga tak sampai menusuk pantat dan tak menimbulkan rasa sakit.

Ini tentu akan sangat jauh berbeda keadaannya dibandingkan dengan jika orang menduduki sebuah paku saja, oleh karena seluruh berat badan akan disangga sendirian oleh paku itu maka jika dudukan pakunya cukup kuat sudah hampir pasti ketajaman paku akan menembus pakaian dan kulit hingga masuk ke dalam daging.

teater 4 dimensi tmii
Salah satu film yang diputar di gedung Teater 4 Dimensi TMII Jakarta Timur dengan judul Bru-Bru Adventure dengan gambar sejenis burung yang sedang terbang, dan sebuah telur yang sudah menetas dengan lubang rekahan cukup lebar yang memperlihatkan mata dan paruh anak burung yang ada di dalamnya. Ada tulisan Stereoscopy 3D Animation di sisi sebelah atas poster.

Pembuatan film animasi stereoskopik menggunakan dua perspektif kamera yang sedikit berbeda, yang satu untuk mata kiri penonton dan satu lagi untuk mata sebelah kanan. Dengan menggunakan peralatan khusus dan kacamata 3D, penonton akan terkesan dengan efek stereoskopik yang dihasilkan. Benda bisa melayang dari layar dan menjadi besar atau berputar di udara, membuatnya terlihat lebih jelas dan hidup.

Harga tiket waktu itu adalah Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk hari Sabtu dan Minggu, dengan anak-anak umur 2 tahun wajib membeli tiket. Selain pengunjung dilarang membawa makanan dan minumen ke dalam ruangan bioskop 4 Dimensi, pengunjung juga dilarang merekam gambar film.

Seluruhnya ada 15 kali pertunjukan dalam sehari, dengan masing-masing pertunjukan berdurasi 15 menit. Cungkup singkat, dengan jeda antara satu pertunjukan dengan pertunjukan lainnya selama 15 menit, sehingga orang paling lama akan menunggu setengah jam jika baru saja terlewat satu jadwal.

Pertunjukan pertama di Teater 4 D TMII ini berlangsung pada oukul 09.15, dan pertunjukan terakhir pada pukul 17.00. Setelah menunggu beberapa saat, kamipun masuk ke dalam auditorium tempat pertunjukan bioskop 4D itu berlangsung, dengan menenteng kacamata khusus yang diberika pada saat membeli tiket, dan harus dikembalikan setelah selesai. Kesan saya pertunjukannya cukup baik dan hidup, dengan layar yang tak selebar layar bioskop standar.

Teater 4 Dimensi TMII

Foto-5 dari 13 foto Teater 4 Dimensi TMII. Alamat : Kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Telepon 021-92363682, 0816 728846, 0813 80331338. Lokasi GPS : -6.3018088, 106.8940705, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 09.00 - 16.00. Hari Senin dan hari libur TUTUP. Harga tiket masuk : Rp20.000 hari biasa, Rp25.000 Sabtu dan Minggu, anak umur 2 tahun bayar. Pintu Masuk TMII (3 tahun ke atas) Rp 10.000, mobil Rp 10.000, Bus Rp 30.000, sepeda motor Rp. 6.000, sepeda Rp 1.000. Info Jakarta : Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.
Lihat tulisan tentang: .
Penulis : Seorang pejalan musiman ...