Bendungan, Jawa Barat, Karawang

Bendungan Parisdo Karawang

Bendungan Parisdo Karawang atau Waduk Walahar lokasinya berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, merupakan bendungan yang dibangun pemerintah kolonial Belanda dan mulai berfungsi sejak 28 November 1925.

Fungsi Bendungan Parisdo adalah untuk mengendalikan aliran Sungai Citarum, dan menjadi sumber air bagi hampir 90 ribu hektar sawah di Kabupaten Karawang dan Subang. Bendungan Parisdo itu masih kokoh dan berfungsi dengan baik sampai saat ini.

Lokasi di Waduk Walahar yang paling banyak disukai untuk nongkrong adalah di sekitar jembatan kecil berbentuk lorong yang letaknya di atas pintu utama waduk. Tempat ini memiliki pemandangan luas ke sekeliling Waduk Walahar. Hari Minggu jalanan di sekitar Bendungan Parisdo biasanya macet, karena adanya pasar kaget. Jika sudah waktunya untuk mengisi perut, di sekitar lokasi Waduk Walahar tersedia warung-warung makanan yang menyediakan pilihan menu ikan jambal, pepes ikan, ikan bakar, dan goreng ikan, yang harganya cukup murah.

Akses, Lewat Tol Jakarta – Cikampek, keluar di pintu tol Karawang Timur. Di pertigaan belok kanan masuk ke Jl Raya Kosambi. Sekitar 2,2 km belok kanan lagi. Setelah 2,4 km akan sampai di Bendungan Parisdo. Angkutan umum dari Kota Karawang naik angkot jurusan Kopel, lanjut naik ojek dari Kopel.


Bendungan Parisdo Karawang

Alamat : Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Lokasi GPS : -6.3840484, 107.3611423, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.