Jawa Barat, Karawang, Situs

Situs Candi Jiwa Karawang

Situs Candi Jiwa Karawang, yang disebut penduduk setempat sebagai Unur Jiwa, berada di dalam kawasan Situs Batujaya, di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Karawang, Jawa Barat. Situs Candi Jiwa ditemukan pada tahun 1984 oleh seorang petani ketika mendapati kambingnya mati di tempat ini, sehingga kemudian dikenal sebagai Unur Jiwa.

Namun yang masih ada bentuknya adalah yang dikenal penduduk sebagai Lemah Duhur Lanang, dan Lemah Duhur Wadon. Keduanya berjarak sekitar 1,5 km. Pada Situs Lemah Duhur Lanang terdapat sebuah Lingga berukuran tinggi 111 cm dan berdiameter 40 cm yang tidak menancap pada Yoni, namun ditancapkan di dalam tanah di tengah reruntuhan

Tidak ditemukannya undakan membuat arah hadap Candi Jiwa tidak diketahui. Di sekeliling candi terdapat parit, dan di luarnya dikelilingi oleh pagar.

Pada bagian atas candi peninggalan agama Buddha ini terdapat susunan bata yang bentuknya menyerupai kelopak bunga teratai dengan struktur melingkar di tengah berdiameter 6 m yang diduga dasar stupa atau lapik patung Buddha. Profil kaki candi terdiri pelipit rata (patta), pelipit penyangga (uttara), dan pelipit setengah lingkaran (kumuda). Susunan batu batanya diperkokoh dengan lapisan perekat tipis berwarna putih yang disebut stuco.

Candi Jiwa diperkirakan dibuat pada jaman Kerajaan Tarumanegara (400 - 600 M), lokasinya berada di tengah persawahan penduduk sekira 36 km dari Pasar Rengasdengklok.


Situs Candi Jiwa Karawang

Alamat : Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Karawang. Lokasi GPS : -6.056991, 107.154462, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.