Danau, Jawa Barat, Karawang

Situ Kamojing Karawang

Situ Kamojing Karawang berada di Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek, berjarak sekitar 22 km dari Kota Karawang atau 8 Km dari gerbang tol Cikampek, di perbatasan dengan Kabupaten Purwakarta. Situ seluas 62 hektare ini relatif masih alami, meskipun di sekitar Situ Kamojing pejalan bisa menjumpai restoran dan ada pula area bermain anak, serta hotel bintang tiga.

Mungkin karena sebagian telah mendangkal, pada musim hujan air situ bisa keluar sampai ke jalan dan pada saat kemarau airnya menyusut dan ditanami oleh penduduk. Suasana danau di saat sore hari hingga matahari tenggelam memberi panorama yang menarik bagi pejalan.

Pengunjung bisa sambil menikmati Sate Maranggi dan jajanan lainnya, memancing, atau untuk ngabuburit pada saat bulan puasa. Masyarakat setempat ada yang percaya bahwa di Situ Kamojing menjadi tempat hunian Buaya Buntung.

Di sisi kiri dan kanan Situ Kamojing masing-masing terdapat sebuah pintu air untuk mengatur debit air dan mengalirkannya ke sawah-sawah di sekitarnya.


Situ Kamojing Karawang

Alamat : Desa Dawuan, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang. Lokasi GPS : -6.4296677, 107.4598288, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Karawang, Tempat Wisata di Karawang, Peta Wisata Karawang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 23, 2017.