Flush DNS Cache di MacOS Mojave

Bambang Aroengbinang. February 24, 2019
Jika telah beralih menggunakan sistem operasi MacOS Mojave di MacBook Anda, dan hendak melakukan flush DNS cache di MacOS Mojave Anda itu karena baru saja merubah DNS setting, maka tulisan ini adalah panduan untuk Anda. Sekaligus sebagai rujukan juga buat saya jika suatu saat memerlukannya.

Setelah melakukan perubahan pada setting DNS memang kadang perlu untuk melakukan flush DNS cache atau membersihkan cache DNS, oleh sebab ketika DNS di-cache maka nama domain atau nameservers boleh jadi tidak akan terhubung ke IP yang benar dan karenanya Anda akan melihat website yang di-cache, atau bahkan tidak bisa terhubung dengan website-nya.

Tulisan ini ditujukan bagi Anda yang telah beralih menggunakan MacOS Mojave, dan akan dipandu untuk melakukan flush DNS cache, agar MacBook Anda bisa terhubung ke IP yang benar. Cara flush DNS cache yang ditulis di bawah ini bisa tidak bekerja jika digunakan di MacOS versi sebelumnya.

1. Buka Terminal
Buka aplikasi Terminal, dengan memakai keyboard shortcut Command + Space bar, lalu ketik Terminal, dan tekan Enter.

2. Masukkan Perintah
Salin perintah di bawah ini dan lekatkan ke Terminal, lalu tekan Enter.

sudo killall -HUP mDNSResponder; sleep 2;

3. Ketik password
Ketik password admin macBook Anda, lalu tekan Enter. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai dikerjakan oleh komputer.

Tutup Terminal
Setelah proses flush DNS cache selesai dikerjakan, Anda bisa menutup aplikasi Terminal dengan cara menekan tombol Command + Q.

Melakukan flush DNS juga perlu dilakukan jika baru saja memindahkan website Anda ke provider yang baru, agar ketika membuka domainnya tidak diarahkan ke cache website yang ada di provider lama.

Semoga bermanfaat.
Label : .

Matched content:

Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.