Cara Insert Emoji di Mac

Bambang Aroengbinang. February 26, 2019
Satu hal produktif yang boleh jadi belum banyak diketahui oleh para pengguna Mac adalah bahwa cara insert Emoji di Mac bisa dilakukan dengan menggunakan short cut dan sangat mudah untuk diingat. Bisa dimaklumi karena tak semua pengguna Mac membutuhkan Emoji untuk digunakan setiap harinya.

Bagusnya Mac bukan saja telah menyediakan Character Viewer tool untuk meng-insert emoji, namun di dalam tool itu juga ada berbagai pilihan symbol serta special character yang bisa dibilang cukup lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan sebagian besar pengguna umum.

Pada Character Viewer tool di Mac, tersedia pilihan untuk menampilkan karakter Emoji, Arrows, Bullet/Stars, Currency Symbols, Latin, Letterlike Symbols, Math Symbols, Parentheses, Pictographs, dan Punctuation. Pada masing-masing pilihan menu akan terlihat secara visual bentuk dan penampilan karakter yang tinggal dipilih untuk ditampilkan di halaman.

cara insert emoji di mac
Untuk menampilkan Character Viewer di Mac seperti pada foto di atas, gunakan short cut dengan menekan secara bersamaan 'Command + Control + Space'. Di aplikasi apa pun Anda sedang berada, ketika menekan short-cut yang telah disebutkan itu maka akan segera muncul Character Viewer di layar komputer Anda.

Ketika kursor di klik ke salah satu Emoji maka akan muncul penjelasannya pada kolom di sisi sebelah kanan, misalnya 'grinning face with tightly closed eyes' untuk 😆, 'face with starry eyes' untuk 🤩, atau 'face with tears of joy' untuk 😂. Emoji yang sering digunakan bisa dimasukkan ke favorite dengan meng-klik 'Add to Favorite'

Pada menu Emoji ada sub-menu yang berjudul Smileys & People, Animals & Nature, Food & Drink, Activity, Travel & Places, Objects, Symbols, dan Flags (bendera). Anda bisa klik masing-masing menu itu, atau scroll ke bawah pada pilihan Emoji-nya maka kursor otomatis akan berpindah ke kategori yang sesuai.

cara insert emoji di mac
Jika meng-klik menu Pictographs untuk pertama kali, maka Character Viewer seperti hang namun sebenarnya ia sedang meminta untuk mengunduh font yang dibutuhkan jika hendak memakai Pictographs. Sapukan keempat jari Anda pada trackpad dan klik jendela yang meminta ijin untuk download font, lalu klik lagi untuk mengunduhnya.

Tersedianya Character Viewer tool, serta shortcut yang mudah diingat pengguna yaitu cotrol+command+space, membuat pengguna tidak perlu lagi menghafal berbagai macam shortcut untuk bisa melakukan insert Emoji di Mac. Untuk insert Emoji ke halaman yang sedang dikerjakan, cukup lakukan klik ganda pada emoji yang dipilih.

Namun untuk Emoji atau simbol yang memang sangat sering digunakan, maka menghafal keyboard shortcut-nya bisa menghemat waktu. Sekadar tambahan, Emoji adalah gambar digital kecil atau ikon yang digunakan untuk mengekspresikan ide, emosi, dsb.
Label : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok.