AdSense, Anchor Ads, Tutorial

AdSense : Anchor Ads di Dasar Halaman

Secara default Google AdSense Anchor Ads muncul di puncak halaman website, namun Anchor Ads di dasar halaman juga bisa dibuat dengan menambahkan parameter yang secara resmi disetujui oleh Google. Ini adalah cara merubah Anchor Ads secara sah yang bisa dilakukan tanpa perlu khawatir akan melanggar Google AdSense program policies.

Anchor Ads atau sticky ads adalah satu format ads atau iklan dari Google AdSense yang akan muncul di halaman ketika publisher memasang script Auto Ads di website yang dimilikinya. Iklan ini hanya akan muncul ketika pengunjung membuka website dengan menggunakan ponsel atau smart phone, tidak pada halaman desktop.

Berbeda dengan AdSense Ads lainnya yang akan bergerak ketika halaman di-scroll dan lalu hilang dari pandangan, posisi Anchor Ads tidak berubah sehingga selalu bisa dilihat oleh pengunjung, dan jika isinya menarik perhatian maka akan memiliki kemungkinan besar untuk di-klik.

anchor ads di dasar halaman

Menyadari bahwa ada publisher yang ingin agar Anchor Ads muncul di dasar halaman, Google telah menambahkan parameter yang bisa mencegah anchor ads muncul di puncak halaman. Setelah melakukan perubahan pada code dan menyimpannya, anchor ads akan hanya muncul di dasar halaman website Anda.

Google menyebut bahwa menonaktifkan anchor ads atau sticky ads bisa mengurangi potensi pendapatan Anda. Meski bisa merubah letak anchor ads, namun eksperimen yang dilakukan oleh Google sebenarnya menunjukkan bahwa posisi di puncak layar ternyata memberikan hasil yang lebih baik.

Begitupun, jika hendak meletakkan anchor ads di dasar halaman, tambahkan pada kode AdSense Auto Ads parameter berikut ini : {bottom: true} , sehingga menjadi :

<head>
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-1234567891234567",
enable_page_level_ads: true,
overlays: {bottom: true}
});
</script>
</head>

Ini adalah modifikasi AdSense code resmi yang diperbolehkan oleh Google. Anda tidak melanggar AdSense program policies jika mengubah ad code dengan cara yang telah disetujui ini. Sayangnya, cara ini pun hanya menampilkan anchor ads di mobile phone atau ponsel, belum muncul jika laman dibuka dengan menggunakan koputer desktop atau notebook.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 05, 2019.