AdSense : Anchor Ads di Dasar Halaman

Bambang Aroengbinang. January 05, 2019
Secara default Google AdSense Anchor Ads muncul di puncak halaman website, namun Anchor Ads di dasar halaman juga bisa dibuat dengan menambahkan parameter yang secara resmi disetujui oleh Google. Ini adalah satu-satunya cara merubah Anchor Ads secara sah yang bisa dilakukan tanpa perlu khawatir akan melanggar Google AdSense program policies.

Anchor Ads adalah satu format ads atau iklan dari Google AdSense yang akan muncul di halaman ketika publisher memasang script Auto Ads di website yang dimilikinya. Iklan ini hanya akan muncul ketika pengunjung membuka website dengan menggunakan ponsel atau smart phone, tidak pada halaman desktop.

Berbeda dengan AdSense Ads lainnya yang akan bergerak ketika halaman di-scroll dan lalu hilang dari pandangan, posisi Anchor Ads tidak berubah sehingga selalu bisa dilihat oleh pengunjung, dan jika isinya menarik perhatian maka akan memiliki kemungkinan besar untuk di-klik.

anchor ads di dasar halaman
Menyadari bahwa ada publisher yang ingin agar Anchor Ads muncul di dasar halaman, Google telah menambahkan parameter yang bisa mencegah anchor ads muncul di puncak halaman. Setelah melakukan perubahan pada code dan menyimpannya, anchor ads akan hanya muncul di dasar halaman website Anda.

Google menyebut bahwa menonaktifkan anchor ads bisa mengurangi potensi pendapatan Anda. Meski bisa merubah letak anchor ads, namun eksperimen yang dilakukan oleh Google sebenarnya menunjukkan bahwa posisi di puncak layar ternyata memberikan hasil yang lebih baik.

Begitupun, jika hendak meletakkan anchor ads di dasar halaman, tambahkan pada kode AdSense Auto Ads parameter berikut ini : {bottom: true} , sehingga menjadi :

<head>
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
google_ad_client: "ca-pub-1234567891234567",
enable_page_level_ads: true,
overlays: {bottom: true}
});
</script>
</head>

Ini adalah modifikasi AdSense code resmi yang diperbolehkan oleh Google. Anda tidak melanggar AdSense program policies jika mengubah ad code dengan cara yang telah disetujui ini.
Label : .
Lahir dan sejak kelas 2 SD hingga lulus SMA tinggal di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah; pernah tinggal di rumah Camat Purwonegoro, rumah Camat Klampok, dan rumah Wedana Jatinom, Klaten; S1 di ITB Bandung dan S2 di IPMI Jakarta; sejak 1985 hingga sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman (jalannya musim2an, seringnya nggak). Senang mengunjungi kubur dan tempat bersejarah dan menikmati panorama elok.