Bogor, Jawa Barat, Masjid

Masjid Empang Bogor

Masjid Empang Bogor, yang nama resminya adalah Masjid An-Nur Tauhid, didirikan tahun 1828 M oleh Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas dengan dukungan beberapa ulama lain. Gaya bangunan masjid bercorak Timur Tengah dengan menara tunggal.

Di dalam kompleks Masjid Empang ada rumah seluas 200 m2 yang merupakan peninggalan Habib Abdullah, ulama asal Yaman yang menjadi karib Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas. Rumah itu menyimpan benda-benda peninggalan Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas, yaitu gamis, sorban, tempat tidur, dan tongkat. Di rumah ini ada kamar khusus untuk zikir, dan 100 kitab agama dari jumlah semula 850 buku.

Diantara kitab karangan Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas adalah Faturrabaniah, Ratibul Ahtas dan Ratibul Hadad. Dua kitab terakhir diajarkan setiap magrib secara rutin kepada murid-muridnya ketika ia masih hidup.

Dengan banyaknya peziarah, terutama selama bulan Ramadhan, membuat kawasan Masjid Keramat Empang menjadi pusat perdagangan perlengkapan ibadah, juga kuliner Timur Tengah. Di Kompleks Masjid Empang jenazah Habib Abdullah Bin Mukhsin Al Athas dimakamkan, juga disana terdapat makam anak-anaknya.


Masjid Empang Bogor

Alamat : Jalan Masjid No 2, Kelurahan Empang, Bogor. Lokasi GPS : -6.608708, 106.795982, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Rujukan : Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 18, 2018.