Jakarta, Jakarta Barat, Kelenteng

Kelenteng Chen Shi Zu Miao Jakarta Barat

Menurut catatan Ensiklopedia Jakarta, Kelenteng Chen Shi Zu Miao berada di wilayah Tambora, Jakarta Barat, dan merupakan salah satu kelenteng tertua di Jakarta yang dibangun pada tahun 1757. Ini adalah tempat sembahyang kepada leluhur bagi keturunan Keluarga Chen yang merupakan imigran dari provinsi Fujian.

Selain di Jakarta, Keluarga Cen juga membangun klenteng terbesar mereka di Semarang untuk memuja para leluhur, yang berdiri pada tahun 1815. Setelah tinggal di Jawa mereka menggunakan nama marga Tan sebagai ganti nama Cen.

Lokasi Kelenteng Chen Shi Zu Miao berada tidak jauh dari Kelenteng Jin De Yuan. Patung Chen Yuan-guang merupakan patung utama yang ada dalam klenteng keluarga Chen. Chen Yuan-guang disebut sebagai pendekar termasyhur yang membuka daerah Zhang-zhou pada abad ke-7.

Kelenteng ini mestinya berada di Jalan Blandongan 97, namun ketika saya coba telurusri dengan Google Map dan Google Street View, tak saya temukan ada bangunan yang menyerupai kelenteng di sepanjang jalan Blandongan. Semoga saja masih ada bangunannya.

Kelenteng Chen Shi Zu Miao

Alamat: Jl. Blandongan 97, Jakarta Barat. Hotel di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Nomor Telepon Penting, Peta Wisata Jakarta, Peta Wisata Jakarta Barat, Rute dan Jadwal Lengkap KRL Commuter Line Jabodetabek, Rute Lengkap TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Trayek Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juli 12, 2018.