Script untuk Memaksa HTTPS ke HTPP di Blogger

Kebutuhan akan adanya script untuk memaksa HTTPS ke HTTP di Blogger muncul karena dua sebab. Yang pertama adalah, terima kasih, Blogger sudah menyediakan layanan bagi blog dengan custom domain untuk menggunakan SSL (HTTPS). Fitur yang sudah lama ditunggu oleh para penggunanya, yang saya tulis di Cara Redirect ke HTTPS Untuk Custom Domain Blogger Blog.

Sebab yang kedua adalah adanya kebutuhan bagi LKers Radio yang menggunakan SHOUTcast, yang hanya bisa berjalan pada situsweb dengan laman Non-SSL (HTTP). Hingga tulisan ini terbit sepertinya belum terlihat ada rencana bagi SHOUTcast untuk bisa streaming di situsweb SSL, dan karenanya script untuk memaksa HTTPS ke HTPP di Blogger masih diperlukan.

Meski LKers Radio telah tersedia dan bisa diunduh aplikasi Android-nya di Google Play, namun web-player tetap saja diperlukan keberadaannya oleh sebab aplikasi untuk iOS belum tersedia. Tidak sebagaimana di Google Play, dimana developer hanya membayar sekali untuk bergabung, sebesar $25, maka untuk masuk ke App Store maka developer iOS harus membayar $99 dan itu pun hanya berlaku selama setahun.

script untuk memaksa https ke http di Blogger
Tak semua situsweb memerlukan SSL memang, seperti halnya situs yang menyediakan layanan streaming radio, selagi orang tak memerlukan login dan menyimpan data pribadi di sana. Namun karena browser selalu memberi peringatan mengenai keamanan ketika berkunjung ke situsweb non-SSL, maka banyak orang kemudian terpaksa memasang SSL.

Ada satu hal lagi kenapa orang perlu Script untuk Memaksa HTTPS ke HTPP di Blogger, yaitu meski memasang tautan (link) di Facebook menggunakan HTTP, namun Facebook akan otomatis merubahnya menjadi HTTPS. Nah, untuk memaksa Blogger yang telah menggunakan HTTPS untuk tetap memakai HTTP, lakukan langkah-langkah sebagai berikut ini.

  1. Login ke Blogger --> Theme --> Edit HTML
  2. Letakkan script di bawah ini sebelum </head>

    <script>
    if (window.location.protocol == "https:") {
    console.log("You are not connected with the correct protocol.")
    console.log("Reloading the page to the correct protocol...")
    window.location = document.URL.replace("https://", "http://");
    }
    if (window.location.protocol == "http:") {
    console.log("You are connected with the correct protocol.")
    }
    </script>
  3. Save.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Disarankan untuk Anda