Cara Redirect ke HTTPS Untuk Custom Domain Blogger Blog

Setelah sekian lama menunggu akhirnya Google menyediakan fitur HTTPS gratis bagi Blogger Blog (blogspot) yang menggunakan custom domain. Cara Redirect ke HTTPS untuk Custom Domain Blogger Blog akan diperlihatkan dalam tulisan ini, langkah demi langkah, dan cara untuk menghindari potensi masalah yang mungkin timbul pada masa transisi.

Chrome dan peramban (browser) lainnya seperti Firefox akan menampilkan peringatan keamanan jika hendak membuka situsweb yang belum menggunakan HTTPS, yang dapat membuat orang awam batal untuk membukanya. Ini tentu saja akan sangat merugikan bagi pemilik blog, meski pada blog tidak ada transaksi finansial atau hal lainnya yang bisa merugikan pengunjung. Apa itu HTTPS selengkapnya bisa dibaca di tulisan Apa Keuntungan HTTPS dibanding HTTP.

Sejak 2016 Blogger telah menyediakan fitur HTTPS gratis bagi domain blogspot, namun baru menjelang akhir tahun 2017 fitur HTTPS disediakan pula secara gratis bagi pemakai custom domain di Blogger blog. Ini tentu saja merupakan berita sangat menggembirakan yang telah lama ditunggu-tunggu. Meski demikian hampir dua bulan setelah fitur ini tersedia informasinya baru saya ketahui.


Selain karena tak menerima informasi tentang ketersediaan fitur redirect ke HTTPS Custom Domain Blogger Blog dari Google, fitur itu rupanya baru tersedia di draft Blogger, belum diterapkan di Blogger standar. Itu artinya Google masih perlu waktu untuk mengevaluasi fitur tersebut, sebelum nantinya diterapkan di versi standar.

Begitu pun Anda tak perlu menunggu untuk bisa menggunakan fitur HTTPS gratis ini, dengan mengikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

Pertama: Login ke Blogger --> Klik 'Setelan' (Setting, ikon roda gigi) --> lalu klik 'Setelan pengguna' (User settings) --> pada pilihan Gunakan Draf Blogger (Use Blogger Draft) pilih Ya (Yes), simpan perubahan.

Kedua: klik taut ini untuk membuka draft blogger. Jika punya lebih dari satu blog, klik ikon drop down di sebelah kiri atas, dan pilih blog yang paling sedikit traffic-nya agar jika terjadi masalah maka tidak akan terlalu merugikan.



Ketiga klik 'Setelan', lalu klik Dasar (Basic), dan Anda akan melihat bahwa pilihan 'Ketersediaan HTTPS' (HTTPS Availability) sekarang sudah muncul --> pada drop down, pilih Ya (Yes) di Ketersediaan HTTPS, tunggu selama beberapa saat setelah refresh otomatis.

Keempat : Klik 'Lihat blog' (View blog) di menu kiri atas halaman, dan jika lancar maka laman website yang dibuka akan sudah dengan awalan HTTPS. Jangan dulu rubah 'HTTPS Redirect' (di bawah menu 'Ketersediaan HTTPS'), sebelum memastikan bahwa fitur HTTPS telah berfungsi. Hanya setelah HTTPS telah berfungsi dengan baik, pada drop down 'HTTPS Redirect' pilih Ya (Yes).

Selamat, anda telah menggunakan fitur HHTPS gratis untuk custom domain Blogger blog yang diberikan oleh Google. Untuk selanjutnya Anda bisa tetap menggunakan blogger[dot]com untuk posting tulisan baru atau bisa pula terus menggunakan draft blogger.

Penting, jika situsweb tak bisa dibuka pada langkah keempat, jangan panik. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuang widget yang tak kompatibel dengan HTTPS, yang salah satunya adalah Featured Post. Buang widget satu demi satu, dan setiap membuang satu widget selalu cek apakah HTTPS bisa dibuka. Jika telah bisa, maka widget lainnya bisa tetap dipasang.