Defer Parsing Video Youtube untuk Mempercepat Loading di Blogger

Sejak blog ini kembali menggunakan Blogger, baru beberapa hari ini embed iframe video Youtube kembali terpasang di tulisan yang terkait. Itu karena sudah menemukan cara untuk melakukan defer parsing Video Youtube untuk Mempercepat Loading di Blogger. Jika memasang video Youtube tanpa defer parsing atau defer loading maka akan berpengaruh buruk pada kecepatan loading tulisan, yang tak bakal disukai pengunjung.

Selain konten, kecepatan loading adalah 'segalanya' bagi sebuah blog. Apa pun akan dilakukan untuk bisa meningkatkan kecepatan loading halaman, dan semua hal yang bisa memperlambat loading akan diupayakan untuk dihilangkan atau dicari solusi untuk mengurangi dampak buruknya. Dengan semakin meningkatnya mobilitas orang, semakin banyak pula yang mengakses halaman web dengan menggunakan mobile phone, dan ketika jaringan wireless berkecepatan tinggi masih belum menjangkau semua tempat, maka halaman yang ringan dan cepat dibuka masih menjadi kebutuhan yang sangat penting.

Untuk mengetahui pengaruh adanya sebuah embed iframe video Youtube di sebuah tulisan terhadap kecepatan loading, silahkan melakukan uji coba dengan menggunakan GTmetrix. Pertama periksa kecepatannya sebelum memasang video Youtube, dan kali kedua bagaimana kecepatan dan score GTmetrix setelah video Youtube terpasang di tulisan. Cara melakukan defer parsing video Youtube untuk Mempercepat Loading di Blogger pada tulisan ini adalah dengan menggunakan script untuk WordPress yang telah dimodifikasi 'container'-nya, sehingga bisa digunakan untuk Blogger atau Blogspot.

defer parsing video youtube untuk mempercepat loading di blogger
Untuk melakukan defer parsing embed iframe video Youtube di Blogger, silahkan ikuti langkah di bawah ini, dan sebelum melakukan perubahan biasakan untuk membuat backup, sebagai langkah pengamanan jika terjadi suatu kekeliruan :

  1. Login ke Blogger --> Theme --> Edit HTML.
  2. Letakkan script berikut ini sebelum </body>

    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    function init() {
    var DeferParse = document.getElementsByTagName('iframe');
    for (var i = 0; i < DeferParse.length; i++) { if (DeferParse[i].getAttribute('data-src')) { DeferParse[i].setAttribute('src', DeferParse[i].getAttribute('data-src')); } } } window.onload = init; //]]> </script>
  3. Simpan atau Save perubahan yang telah dilakukan.
  4. Selanjutnya copy paste iframe embed video Youtube ke sebuah tulisan, yang biasanya berbentuk seperti ini :

    <iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/2oULsdRPVuw" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>

    Tambahkan 'data-' sebelum kata src, sehingga menjadi :

    <iframe width="560" height="315" data-src="https://www.youtube.com/embed/2oULsdRPVuw" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>

Selanjutnya buka tulisannya dan silahkan cek lagi kecepatan loading halamannya di GTmetrix. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka akan ada peningkatan kecepatan loading yang sangat bermakna jika dibandingkan dengan tidak memasang script defer parsing video Youtube. Silahkan baca juga tulisan Membuat Embed Iframe Video Youtube Responsive 100% Width.