Embedded Iframe Playlist Youtube Mulai Pada Video Tertentu

Mengetahui cara membuat playlist Youtube mulai pada video tertentu bisa bermanfaat, jika suatu ketika nanti hendak memasang dan mempromosikan playlist di sebuah website. Secara default, playlist Youtube diputar dari video yang paling baru, atau video yang paling lama, bergantung pada pengaturan yang dibuat oleh pengguna.

Sebelum melanjutkan, ada baiknya membaca dahulu dua tulisan sebelumnya, yaitu Membuat Embed Iframe Video Youtube Responsive 100% Width, dan tulisan satunya lagi yaitu Defer Parsing Video Youtube untuk Mempercepat Loading di Blogger.

Hanya setelah melakukan kedua hal yang disebut pada kedua tulisan tersebut di atas maka tulisan playlist Youtube mulai pada video baru bisa bermanfaat, terutama adalah melakukan defer parsing terlebih dahulu. Tanpa melakukan defer parsing pada video Youtube maka kecepatan loading laman website Anda akan turun sangat drastis, dan itu tak disukai oleh pembaca, dan tak disukai pula oleh search engine.

Tips yang akan saya tulis adalah membuat playlist Youtube mulai pada video tertentu dengan cara manual, tanpa menggunakan JavaScript. Artinya, Anda harus melakukan perubahan manual secara berkala agar playlist dimulai dari video yang berbeda ketika orang membuka laman Anda.

Meski agak merepotkan, namun cara ini tidak membebani loading halaman, dan pembaca memiliki kebebasan penuh apakah akan memutar videonya atau tidak. Jika pun tidak memutar, mereka tidak dirugikan dari sisi loading time dan kuota internet. Jika menghendaki agar playlist Youtube diputar secara random, maka harus menggunakan JavaScript, yang akan saya bagi pada tulisan berikutnya.

Ketika hendak menampilkan video mana yang muncul terlebih dahulu, ada baiknya thumbnail playlist-nya juga diganti agar orang tak salah menduga bahwa mereka akan melihat video yang sama. Untuk melakukannya lihat tulisan cara Mengganti Thumbnail Playlist Youtube.

Seperti telah disebut pada dua tulisan pertama di atas, untuk menampilkan playlist dengan lebar 100% dan defer parsing script, kode yang dipakai adalah sebagai berikut :
<div class="container"><iframe data-src="https://www.youtube.com/embed/videoseries?list=PL1EB10B19837A1B61" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen class="video"></iframe></div>

Karena video di Youtube dimulai dari angka 0, maka untuk menampilkan video ke-8 Anda menambahkan &index=7 pada playlist-nya, sehingga kode-nya menjadi :

<div class="container"><iframe data-src="https://www.youtube.com/embed/videoseries?list=PL1EB10B19837A1B61&index=7" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen class="video"></iframe></div>

Jika Anda ingin agar playlist diputar secara otomatis, maka tambahkan kode &autoplay=1&loop=1, sehingga menjadi :

<div class="container"><iframe data-src="https://www.youtube.com/embed/videoseries?list=PL1EB10B19837A1B61&autoplay=1&loop=1&index=7" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen class="video"></iframe></div>

Jika menggunakan WordPress maka Anda bisa menggunakan script berikut ini untuk secara acak menentukan video mana yang muncul pertama kali.
<div class="container"><iframe data-src="https://www.youtube.com/embed/videoseries?list=PL1EB10B19837A1B61&autoplay=1&loop=1&index=<?php print(rand(1,50)) ?>" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen class="video"></iframe></div>

Jika jumlah video dalam play list 100, misalnya, ganti angka 50 menjadi 99, karena video Youtube dalam playlist dimulai dari angka 0. Silahkan dicoba dengan mengganti id playlist-nya, yang diberi warna merah, dengan id playlist kepunyaan Anda sendiri. Semoga bermanfaat.
Label : . Updated : June 26, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!