Mengganti Thumbnail Playlist Youtube

Catatan cara Mengganti Thumbnail Playlist Youtube ini dibuat sebagai dokumentasi jika sewaktu-waktu nanti memerlukannya, karena ingatan sangat pendek, dan lupa adalah sifat manusia. Secara rutin mengganti thumbnail playlist mungkin ide yang baik, agar orang tak bosan melihat thumbnail yang selalu sama, meski jumlah videonya bertambah.

Mengganti thumbnail pada video individual sangat mudah dilakukan, karena ketika mengunggahnya sudah tersedia setidaknya 3 thumbnail yang bisa dipilih pada menu, selain bisa mengunggah foto sendiri untuk dijadikan sebagai thumbnail. Namun tidak demikian dengan playlist yang mungkin hampir setiap orang dibuat bingung bagaimana cara mengganti thumbnail-nya.

Adanya pilihan mengunggah foto sebagai thumbnail pada sebuah video individual membuat banyak video di Youtube terkesan menipu, karena foto pada thumbnail sering tak ditemukan pada videonya. Foto hanya digunakan sebagai pemikat agar orang merasa penasaran dan klik video. Cara itu efektif dalam jangka pendek, namun cepat atau lambat akan membuat orang jengkel, dan akan menghindari video semacam itu.

mengganti thumbnail playlist youtube
Pada playlist Youtube tak terlihat ada menu untuk mengganti thumbnail, namun bukan berarti tidak ada cara untuk menggantinya, hanya saja memang terkesan 'tersembunyi'. Jika di video individual orang bisa upload foto sebagai thumbnail, maka di playlist hanya bisa menggunakan thumbnail salah satu video yang ada di dalam playlist-nya.

Untuk mengganti thumbnail Playlist Youtube maka pastikan membuka playlist-nya terlebih dahulu, seperti tampak pada foto di atas. Tak ada video yang diputar otomatis ketika membuka playlist, dan jika ada video yang diputar maka klik judul playlist-nya untuk mengganti thumbnail.

mengganti thumbnail playlist youtube
Setelah membuka playlist Anda di Youtube, langkah selanjutnya adalah hover kursor pada salah satu video di dalam playlist yang thumbnail-nya hendak Anda gunakan sebagai thumbnail playlist. Ketika kursor di-hover pada video tersebut maka akan muncul tiga bulatan kecil vertikal di sisi sebelah kanan video.

Klik tiga bulatan tersebut dan akan muncul pilihan menu seperti terlihat pada foto di atas. Untuk mengganti thumbnail Playlist Youtube dengan thumbnail video yang Anda pilih, klik pada menu terbawah, yaitu : 'Set as playlist thumbnail'. Setelah klik, silahkan cek playlist Anda dengan thumbnail yang baru. Anda bisa menggantinya dengan thumbnail video lain di dalam playlist secara berkala dengan melakukan cara yang sama.
Label : .
Updated : June 26, 2018
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow : Twitter, Facebook, Subscribe, Youtube.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!