Aceh, Banda Aceh, Museum

Museum Tsunami Banda Aceh

Museum Tsunami Banda Aceh berada di pusat Kota Banda Aceh, sekitar 1 km dari Masjid Raya Banda Aceh. Museum ini dibangun sebagai objek sejarah tentang bencana Tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004, dan sebagai pusat penelitian serta pembelajaran terkait bencana Tsunami, dan tempat perlindungan darurat jika tsunami terjadi lagi.

Bangunan Museum Tsunami dirancang oleh Ridwan Kamil, seorang arsitek lulusan Institut Teknologi bandung, terdiri dari empat lantai seluas 2.500 m² dengan dinding lengkung yang ditutupi relief geometris.

Pengunjung masuk lewat lorong sempit gelap diantara dua dinding air tinggi yang menciptakan kembali suasana saat tsunami terjadi. Nama-nama dan foto korban Tsunami dan foto serta kisah warga yang selamat bisa dilihat pada dinding salah satu ruang museum.

Di dalam Museum Tsunami, Pengunjung juga bisa melihat simulasi elektronik gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004 itu.

Museum Tsunami Banda Aceh - Alamat : Jl. Sultan Iskandar Muda, Kampung Sukaramai, Baitturahman, Banda Aceh. Lokasi GPS : 5.547977, 95.315143, Waze. Jam buka : 09.00 – 16.45. Rujukan : Hotel di Banda Aceh, Tempat Wisata di Banda Aceh, Peta Wisata Banda Aceh


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Juni 05, 2018.