Cara Mengedit Label di Blogger Posts

Pengetahuan tentang cara mengedit Label di Blogger Posts bisa bermanfaat jika setelah memberi Label pada sebuah tulisan dan diterbitkan, namun kemudian merasa tak puas dengan nama yang telah ada. Bisa juga karena memang ada kesalahan penulisan, atau Label tak enak dilihat, sehingga mengedit Label menjadi suatu kebutuhan.

Contoh sederhana mengapa perlu tahu cara mengedit Label di Blogger Posts adalah ketika secara tak sengaja membuat Label 'Tempat WIsata'. Perhatikan, huruf I ditulis dengan huruf kapital, yang mestinya huruf kecil. Tak penting sebenarnya, namun tak sedap dipandang. Meski tulisan bari diberi Label 'Tempat Wisata' munculnya akan tetap 'Tempat WIsata'.

Tidak sebagaimana WordPress yang tak perlu tutorial untuk melakukan perubahan nama pada Category dan Tags, maka di Blogger agak sedikit lebih repot, karena tak ada cara untuk mengedit Label yang telah diterbitkan tulisannya. Singkatnya, tak ada cara cepat untuk mengedit Label di Blogger, sebagaimana di WordPress. Entah jika nanti Blogger memutuskan untuk menyediakannya.

cara mengedit label di blogger posts
Namun begitu, Blogger masih memungkinkan penggunanya untuk 'mengedit Label' meski lebih tepat disebut mengganti Label, oleh karena memang itu yang dilakukan : membuang Label yang ada dan menggantinya dengan Label baru. Jadi yang saya lakukan adalah menghapus lebih dulu Label 'Tempat WIsata' pada semua tulisan yang diberi label itu, lalu memberinya Label 'Tempat Wisata' sebagai gantinya.

Cara yang sama juga dilakukan jika hendak menghapus suatu Label dan menggantinya dengan nama lain yang dianggap lebih pas. Untuk bisa secara cepat melakukan perubahan Label, terutama jika jumlah Posts mencapai ratusan judul tulisan, lakukan dengan cara di bawah ini.

  1. Login ke Blogger --> Post. Pada menu drop down di ujung kanan, pilih angka 100 atau menampilkan 100 posts di setiap laman, atau maksimal yang disediakan oleh Blogger.
  2. Jika salah satu tulisan dengan Label yang hendak diganti ada di halaman pertama, klik nama Label untuk menampilkan semua tulisan dengan Label yang hendak diganti itu.
  3. Copy nama Label yang hendak diganti. Klik kotak kecil paling atas untuk mencontreng (memilih) semua tulisan.
  4. Untuk membuang nama Label dilakukan dengan memberi New Label dengan nama yang sama : Klik ikon di sebelah kanan kotak yang baru diklik tadi --> klik 'New Label' --> paste nama Label yang hendak diganti (ini lebih cepat ketimbang scroll ke bawah) --> tekan Enter, tunggu sampai proses selesai. Setelah selesai nama Label akan hilang dari semua tulisan.
  5. Jika hendak mengganti dengan nama yang sama sekali baru, maka Anda bisa klik lagi kotak paling atas, klik ikon di sebelahny --> New Label --> tulis namanya --> Enter. Namun dalam kasus mengganti huruf besar dengan huruf kecil, atau sebaliknya, Anda harus menghapus Label itu pada semua tulisan terlebih dahulu.
  6. Selanjutnya klik tanda panah ke kanan untuk melakukan hal yang sama pada 100 tulisan berikutnya. Jumlah Label pada kanan atas masih akan terlihat sama, namun jumlah Label yang sebenarnya (berkurang 100) akan muncul di bawahnya.

Cara mengedit Label di Blogger Posts ini memang agak merepotkan, sampai nanti Blogger menyediakan cara yang lebih sederhana untuk melakukannya.
Label : . Updated : June 05, 2018.
Author : .
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Follow.
Share   Tweet   WhatsApp   Telegram   Email   Print!