Memasang Google Adsense di Bawah Judul Posts di Homepage Blogger Blogspot

Sudah lama hendak menulis cara Memasang Google AdSense diantara Posts di Homepage Blogger Blogspot, semata untuk berbagi pengalaman dan sebagai dokumentasi jika sewaktu-waktu diperlukan karena satu dan lain sebab. Mencatat dan menerbitkan, jika memungkinkan, semua perubahan yang dilakukan pada Theme Blog saya kira merupakan hal yang baik, dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Meski sudah banyak blogger yang menulis tentang cara bagaimana memasang Google AdSense di bawah judul Posts di Homepage Blogger (Blogspot) ini, namun umumnya isinya berbeda-beda meski ada pula kesamaannya. Apa yang kemudian benar-benar digunakan di blog itulah yang perlu didokumentasikan, karena sering cukup melelahkan untuk mencari dan menemukannya lagi, jika ganti Theme misalnya.

Homepage umumnya merupakan salah satu tempat yang paling banyak dilihat oleh pembaca sebuah blog. Oleh sebab itu adanya AdSense di homepage memiliki peluang untuk meningkatkan perolehan, jika penempatan dan pemilihan jenis atau ukuran iklan dilakukan dengan baik.

memasang google adsense diantara posts di homepage blogger blogspot
Ada sejumlah pilihan penempatan AdSense di homepage Blogger, yaitu di posisi paling atas, paling bawah, dan diantara posts atau tulisan/postingan. Jika diantara posts, maka pilihannya apakah di atas judul post, di bawah judul post, atau di bawah ringkasan tulisan. Tak ada jawaban pasti mana posisi yang terbaik.

Karena setiap blog memiliki karakternya sendiri-sendiri, maka ada baiknya publisher melakukan eksperimen sendiri untuk mencoba melihat posisi mana yang dari eksperimen menghasilkan kinerja yang lebih baik. Begitu pun hasil eksperimen itu bisa pula bersifat sementara.

memasang google adsense diantara posts di homepage blogger blogspot
Untuk memasang Google Adsense di bawah judul Posts di Homepage Blogger Blogspot, bisa dilakukan dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut ini. Backup terlebih dahulu theme, bisa dengan cara copy paste ke notepad.

  1. Login ke Blogger --> Theme --> HTML
    Letakkan kursor di mana saja di dalam kotak, tekan Ctrl-F (command-F untuk Mac), paste <div class='blog-posts hfeed'>, dan tekan Enter untuk mencarinya. Anda akan menemukan ada dua buah elemen.
  2. Cari beberapa baris di bawahnya kode <b:loop values='data:posts' var='post'>, dan sisipikan index='x' ke dalamnya sehingga menjadi <b:loop values='data:posts' var='post' index='x'>. Lakukan hal yang sama untuk <b:loop values='data:posts' var='post'> yang satunya lagi. Yang pertama adalah untuk mobile phone, dan yang kedua adalah untuk desktop.
  3. Selanjutnya cari <a expr:href='data:post.url'> yang juga ada dua, satu untuk mobile dan satunya lagi untuk desktop. Letakkan kode AdSense di bawah </h2> yang menjadi penutup <data:post.title/>
  4. Untuk memasang Google Adsense di Bawah Judul Posts di homepage, Label, Archive dan hasil Pencarian, gunakan :
    <b:if cond='data:blog.pageType == "index" || data:blog.searchLabel || data:blog.pageType == "archive" || data:blog.searchQuery'>
    <b:if cond='data:x==0'>Kode AdSense</b:if>
    <b:if cond='data:x==3'>Kode AdSense</b:if>
    </b:if>


    atau bisa gunakan kode di bawah ini untuk menampilkan di semua halaman, selain Post dan Page :
    <b:if cond='data:blog.pageType != "static_page" and data:blog.pageType != "item"'>
    <b:if cond='data:x==0'>Kode AdSense</b:if>
    <b:if cond='data:x==3'>Kode AdSense</b:if>
    </b:if>
  5. Jika hanya ingin menampilkan di homepage dan Label, maka gunakan :
    <b:if cond='data:blog.pageType == "index" || data:blog.searchLabel'>
    <b:if cond='data:x==0'>Kode AdSense</b:if>
    <b:if cond='data:x==3'>Kode AdSense</b:if>
    </b:if>

Angka x==0 berarti AdSense muncul pada tulisan pertama, dan x==3 berarti akan muncul di tulisan keempat. Selanjutnya cari <a expr:href='data:post.url'> yang kedua, dan lakukan hal yang sama untuk desktopnya. Jangan lupa script AdSense-nya di-parse dulu di sini.

Author : . Updated :
Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Pejalan musiman yang senang tempat bersejarah dan panorama elok. Subscribe aroengbinang's Youtube Channel.

Kirim ke: Facebook, Twitter, WhatsApp, Email. Subscribe. .

Versi Mobile | Kembali ke atas