Alun-Alun, Cirebon, Jawa Barat, Keraton

Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan Cirebon

Sesuai namanya, Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan Cirebon berada di sebelah Utara Keraton Kasepuhan Cirebon. Di sebelah Barat Alun-alun adalah Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

Dulu, di sebelah Utara Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan terdapat sebuah penjara, dan ada pula sebuah pasar di sebelah Timur, namun sekarang kedua tempat itu sudah tidak ada lagi. Jika tengah berlangsung acara resmi di Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan, Sultan Cirebon biasanya menyaksikan dari tempat duduknya di Mande Malang Semirang yang berada di kompleks Siti Inggil.

Sementara para pengawal raja berada di bangunan Mande Pendawa Lima. Nama Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan dulunya adalah Alun-alun Utara Sangkala Buana Keraton Kasepuhan, yang lazim digunakan sebagai tempat latihan keprajuritan tiap hari Sabtu sehingga disebut Saptonan, serta sebagai tempat pelaksanaan hukuman terhadap rakyat yang bersalah, seperti hukum cambuk.

Kini, Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan baru terlihat hidup jika sedang berlangsung kegiatan tradisi tahunan Cirebon pada hari-hari tertentu, serta acara-acara festival seni budaya, seperti misalnya Grebeg Maulud dan Festival Seni Pesisir Utara.


Alun-alun Utara Keraton Kasepuhan Cirebon

Alamat : Jl. Kasepuhan, Cirebon. Lokasi GPS : -6.725299, 108.570772, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! April 25, 2018.