Cirebon, Jawa Barat, Kuliner

Rumah Makan Ampera Cirebon

Rumah Makan Ampera Cirebon adalah salah satu tempat makan yang kami kunjungi pada sebuah malam selagi berada di Cirebon beberapa waktu lalu. Rumah Makan Ampera ini berada di Jl. Tuparev No. 54, Cirebon, tidak begitu jauh dari hotel tempat kami menginap.

Nama Rumah Makan Ampera cukup dikenal, dan seingat saya ada atau pernah ada salah satu cabangnya di Jakarta. Kesan yang tertinggal cukup baik, karena menu yang tersedia memberi pilihan yang relatif banyak dan beragam bagi pengunjung dengan selera berbeda-beda.

Halaman parkir di Rumah Makan Ampera ini bisa dikatakan cukup luas, yang sepertinya mampu menampung lebih dari 15 kendaraan roda empat sekaligus. Tampak muka bangunan rumah makan terlihat bergaya minimalis, dengan pajangan bermacam boneka atau wayang golek khas dari daerah Jawa Barat di sekitar pintu masuknya.

rumah makan ampera cirebon

Papan tengara Rumah Makan Ampera Cirebon yang cukup besar, dengan pemberitahuan bahwa rumah makan ini buka selama 24 jam. Untuk sebuah kota pelabuhan dan kota transit yang tak pernah tidur seperti Kota Cirebon ini, adanya rumah makan yang memberi kepastian semacam itu sangat penting.

Ketika belum ada ojol yang membuat orang malas keluar rumah atau malas keluar hotel karena tinggal melakukan pemesanan makanan lewat gadget, maka dulu mau tak mau orang harus keluar hotel untuk makan malam, jika tak mau membayar lebih mahal jika makan di dalam restoran hotel.

Pajangan di pintu masuk Rumah Makan Ampera terlihat cukup menarik dan menonjolkan keindahan budaya lokal Jawa Barat, dengan beberapa karakter wayang golek etnik Sunda yang menyambut para tamu ketika masuk ke dalam ruangan restoran.

rumah makan ampera cirebon

Bagian depan Rumah Makan Ampera terlihat cukup baik, bergaya minimali dan cukup rapi. Suasana ruangan makan di dalamnya juga cukup nyaman di malam hari, di tengah udara Cirebon yang biasanya sangat panas dan kering karena berada di pinggiran laut.

Masakan ayam yang ada di sana cukup merangsang selera. Sebagaimana cabang Rumah Makan Ampera di tempat-tempat lain, pengunjung dapat memilih sendiri jenis nasi dan lauknya, dan jika berupa gorengan maka makanan yang dipilih akan digoreng ulang dan dihidangkan dalam keadaan panas.

Bagi pemilik restoran, menyediakan sekian banyak pilihan makanan selain merepotkan juga meningkatkan resiko sisa makanan. Namun sebaliknya bagi pengunjung adanya pilihan yang banyak membuat mereka bisa menyantap makanan sesuai selera mereka saat itu, yang bisa saja berbeda di hari yang lain.

Ikan bakar yang rasanya gurih dan nasi liwet putih yang dibungkus daun pisang muda, juga ayam bakar merupakan salah satu pilihan lauk yang lezat, selain ikan gurame goreng atau bakar, atau ayam dan ikan yang dimasak dalam bentuk pepes. Ada pula menu lauk tradisional yang selalu sayang jika ditinggalkan, seperti tahu, tempe dan goreng ati ampela.

Rumah Makan Ampera merupakan salah satu pilihan tempat makan dengan menu tradisional ketika anda sedang berada di kota Cirebon. Bukan merupakan makanan khas kota Cirebon memang, namun setidaknya bisa memenuhi selera makan anda dengan pilihan lauk yang beraneka ragam.


Rumah Makan Ampera Cirebon

Alamat : Jl. Tuparev No. 54, Cirebon. Lokasi GPS: -6.7106331, 108.539743, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 13, 2019.