EB Batik Traditional Cirebon

January 13, 2019. Label:
aroengbinang.com -
EB Batik Traditional Cirebon merupakan salah satu pusat pengrajin dan penjualan baju dan kain Batik yang terbesar di Cirebon yang dikenal dengan sebutan Batik Trusmi. EB Batik Traditional Cirebon lokasinya berada di Jl. Panembahan Utara No.1, Plered, Cirebon, di daerah dimana banyak sekali dijumpai pengrajin dan toko batik khas Cirebonan.

Di samping toko EB Batik Traditional Cirebon ini juga terdapat sebuah cafe yang menyediakan berbagai hidangan khas Cirebon dan masakan lain, yang melayani pengunjung setiap hari, kecuali hari Senin. Bisa dimaklumi karena tamu paling ramai biasanya terjadi pada hari Minggu, dan pegawai perlu istirahat untuk mengembalikan lagi semangatnya.

Daerah pusat perdagangan batik ini berjarak sekitar 3 km dari kota Cirebon. Pengunjung dari luar kota yang serius hendak berbelanja tidak perlu pusing untuk mencari dimana tempat toko batik Cirebonan ini, karena toko-toko batik Trusmi di wilayah ini rata-rata bersedia menjemput pelanggan di Stasiun Kereta Api dan membawa mereka ke tokonya.

eb batik traditional cirebon
Di sebuah ruangan khusus berukuran sekitar 4x4m, EB Batik Traditional Cirebon menyediakan jenis batik berkualitas tinggi dengan berbagai corak dan motif Cirebonan atau corak yang sesuai dengan kebutuhan pembeli. Tempat ini tampaknya hanya ditawarkan kepada pengunjung yang tak puas dengan barang yang ada dalam pajangan. Penjaga toko yang telah berpengalaman bertahun-tahun dalam menghadapi dan melayani pembeli dari berbagai kalangan yang datang dari berbagai daerah, bisa dengan mudah mengendus selera seorang pengunjung seperti apa, serta bagaimana kekuatan dan kedalaman dompetnya.

Ada cukup banyak koleksi EB Batik Traditional Cirebon dipajang di ruangan utama. Foto-foto dan testimonial para pengunjung kehormatan dipajang di ruang utama toko batik di daerah Trusmi ini. Harga kain batik di EB Batik Traditional Cirebon ini berkisar antara Rp.50 ribu (print) sampai Rp.4 juta-an.

Ada pajangan pada dinding di ruang khusus itu berupa pesan dari presiden terdahulu yang ditulisnya saat berkunjung ke toko EB Batik Traditional Cirebon tahun 2005. Sebuah kenangan kebanggaan bagi pemiliknya, sehingga bisa difahami jika dipajang di tempat yang pasti akan dilihat oleh pengunjung.

Kami kemudian masuk ke dalam ruangan dingin yang ber-AC di EB Batik Traditional Cirebon dimana pengunjung bisa duduk dengan nyaman sambil memilah-milih koleksi batik Cirebonan yang ditawarkan. Harga di sini biasanya masih bisa ditawar, meskipun turun harganya tidak banyak. Bagaimana pun diskon harga yang tinggi malah membuat pengunjung curiga dan bisa membatalkan transaksi pembelian.

Sebuah lemari antik digunakan untuk menyimpan koleksi pilihan di EB Batik Traditional Cirebon. Kebanyakan toko Batik di daerah Trusmi ini tidak saja menjual batik khas Cirebonan, yang dikenal dengan motif Mega Mendung, namun juga mengadaptasi berbagai motif lain mengikuti selera segmen pasar tertentu.

Pelayan toko EB Batik Traditional Cirebon yang sabar melayani pembeli ketika memilih jenis dan motif batik yang sesuai dengan seleranya. Kadang memang tidak mudah untuk menemukan jenis batik yang memuaskan dari sekian banyak koleksi batik yang ditawarkan. Namun pengalaman bisa mengasah ketajaman rasa pembeli hanya dengan melihat dan meraba barangnya secara sepintas.

Sayang sekali bahwa saat berkunjung ke EB Batik Traditional Cirebon tidak ada satu pun pengrajin batik yang tengah bekerja, karena di saat yang sama tengah ada kegiatan ritual di kompleks Makam Ki Buyut Trusmi yang merupakan perintis dan sesepuh industri Batik di daerah Trusmi ini.

EB Batik Traditional Cirebon

Alamat : Jl. Panembahan Utara No. 1 Plered, Cirebon. Telp. (0231) 322678. Lokasi GPS : -6.70171, 108.51587, Waze ( smartphone Android dan iOS ).

Galeri Foto EB Batik Traditional Cirebon

Di ruangan dingin yang ber-AC di EB Batik Traditional Cirebon ini pengunjung yang berminat membeli bisa duduk dengan nyaman sambil memilah-milih sepuasnya dari koleksi batik Cirebonan yang ditawarkan.

eb batik traditional cirebon

Pajangan pada dinding di ruang khusus itu berupa selembar pesan dari SBY yang ditulisnya saat ia pada berkunjung ke toko EB Batik Traditional Cirebon tahun 2005. Sebuah kenangan yang tentunya menjadi kebanggan bagi pemiliknya, ketika itu. Entah sekarang.

eb batik traditional cirebon

Pelayan wanita toko EB Batik Traditional Cirebon yang dengan sabar melayani pembeli ketika memilih jenis dan motif batik yang sesuai dengan seleranya. Sering memang tidak mudah untuk menemukan jenis batik yang memuaskan dari sekian banyak koleksi yang ada.

eb batik traditional cirebon

Sebuah lemari antik yang menyimpan koleksi pilihan di EB Batik Traditional Cirebon. Kebanyakan toko Batik di daerah Trusmi ini tidak hanya menjual batik khas Cirebonan, namun juga batik dengan motif kontemporer.

eb batik traditional cirebon

Penampakan dari koleksi batik EB Batik Traditional Cirebon yang dipajang di ruangan utama tokonya.

eb batik traditional cirebon

Foto-foto dan testimonial para pengunjung kehormatan terlihat dipajang di ruang utama EB Batik Traditional Cirebon. Tentu sebagai semacam promois kepada pengunjung bahwa batik yang ditawarkan di sini digemari oleh kalangan menengah atas.

eb batik traditional cirebon

Tampak muka EB Batik Traditional Cirebon ketika itu, yang mungkin sekarang sudah berubah. Sayang sekali bahwa saat berkunjung ke tidak ada satu pun pengrajin batik yang tengah bekerja.

eb batik traditional cirebon

Info Cirebon

Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon.

Penulis : Pejalan musiman yang musim-musiman jalannya, dan hari-harinya kebanyakan ditemani Mac.