Batik, Cirebon, Jawa Barat

EB Batik Traditional Cirebon

EB Batik Traditional Cirebon merupakan salah satu pusat pengrajin dan penjualan baju dan kain Batik yang terbesar di Cirebon yang dikenal dengan sebutan Batik Trusmi. EB Batik Traditional Cirebon lokasinya berada di Jl. Panembahan Utara No.1, Plered, Cirebon, di daerah dimana banyak sekali dijumpai pengrajin dan toko batik khas Cirebonan.

Di samping toko EB Batik Traditional Cirebon ini juga terdapat sebuah cafe yang menyediakan berbagai hidangan khas Cirebon dan masakan lain, yang melayani pengunjung setiap hari, kecuali hari Senin. Bisa dimaklumi karena tamu paling ramai biasanya terjadi pada hari Minggu, dan pegawai perlu istirahat untuk mengembalikan lagi semangatnya.

Daerah pusat perdagangan batik ini berjarak sekitar 3 km dari kota Cirebon. Pengunjung dari luar kota yang serius hendak berbelanja tidak perlu pusing untuk mencari dimana tempat toko batik Cirebonan ini, karena toko-toko batik Trusmi di wilayah ini rata-rata bersedia menjemput pelanggan di Stasiun Kereta Api dan membawa mereka ke tokonya.

eb batik traditional cirebon

Di sebuah ruangan khusus berukuran sekitar 4x4m, EB Batik Traditional Cirebon menyediakan jenis batik berkualitas tinggi dengan berbagai corak dan motif Cirebonan atau corak yang sesuai dengan kebutuhan pembeli. Tempat ini tampaknya hanya ditawarkan kepada pengunjung yang tak puas dengan barang yang ada dalam pajangan.

Penjaga toko yang telah berpengalaman bertahun-tahun dalam menghadapi dan melayani pembeli dari berbagai kalangan yang datang dari berbagai daerah, bisa dengan mudah mengendus selera seorang pengunjung seperti apa, serta bagaimana kekuatan dan kedalaman dompetnya.

Ada cukup banyak koleksi EB Batik Traditional Cirebon dipajang di ruangan utama. Foto-foto dan testimonial para pengunjung kehormatan dipajang di ruang utama toko batik di daerah Trusmi ini. Harga kain batik di EB Batik Traditional Cirebon ini berkisar antara Rp.50 ribu (print) sampai Rp.4 juta-an.

Ada pajangan pada dinding di ruang khusus itu berupa pesan dari presiden terdahulu yang ditulisnya saat berkunjung ke toko EB Batik Traditional Cirebon tahun 2005. Sebuah kenangan kebanggaan bagi pemiliknya, sehingga bisa difahami jika dipajang di tempat yang pasti akan dilihat oleh pengunjung.

eb batik traditional cirebon

Di ruangan dingin yang ber-AC di EB Batik Traditional Cirebon ini pengunjung yang berminat membeli bisa duduk dengan nyaman sambil memilah-milih sepuasnya dari koleksi batik Cirebonan yang ditawarkan. Harga di sini biasanya masih bisa ditawar, meskipun turun harganya tidak banyak. Bagaimana pun diskon harga yang tinggi malah membuat pengunjung curiga dan bisa membatalkan transaksi pembelian.

Sebuah lemari antik digunakan untuk menyimpan koleksi pilihan di EB Batik Traditional Cirebon. Kebanyakan toko Batik di daerah Trusmi ini tidak saja menjual batik khas Cirebonan, yang dikenal dengan motif Mega Mendung, namun juga mengadaptasi berbagai motif lain mengikuti selera segmen pasar tertentu.

Pelayan toko EB Batik Traditional Cirebon yang sabar melayani pembeli ketika memilih jenis dan motif batik yang sesuai dengan seleranya. Kadang memang tidak mudah untuk menemukan jenis batik yang memuaskan dari sekian banyak koleksi batik yang ditawarkan. Namun pengalaman bisa mengasah ketajaman rasa pembeli hanya dengan melihat dan meraba barangnya secara sepintas.

Sayang sekali bahwa saat berkunjung ke EB Batik Traditional Cirebon tidak ada satu pun pengrajin batik yang tengah bekerja, karena di saat yang sama tengah ada kegiatan ritual di kompleks Makam Ki Buyut Trusmi yang merupakan perintis dan sesepuh industri Batik di daerah Trusmi ini.


EB Batik Traditional Cirebon

Alamat : Jl. Panembahan Utara No. 1 Plered, Cirebon. Telp. (0231) 322678. Lokasi GPS : -6.70171, 108.51587, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Hotel di Cirebon, Hotel Murah di Cirebon, Tempat Wisata di Cirebon, Peta Wisata Cirebon.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 13, 2019.