Cibubur, Jakarta, Jakarta Timur, Pondok Ranggon

Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon

Sudah cukup lama saya ingin mampir dan melihat bagaimana rupa Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon di daerah Cibubur, Jakarta Timur, namun baru beberapa waktu lalu bisa mampir. Saya datang bersama Wid ke tempat yang merupakan kompleks peternak sapi perah tradisional di pinggiran kota Jakarta ini.

Lokasi Wisata Susu Cibugary (Cibubur Garden Diary) Pondok Ranggon diakses lewat Jl Jambore yang mulut jalannya tepat setelah SPBU Pertamina (dulu Petronas), bersebelahan dengan jalan masuk ke perumahan Mahogany Residence di Jl Raya Alternatif Cibubur. Di pertigaan setelah melewati TPU Pondok Ranggon, dimana terdapat Alfamart di pojok pertigaan agak ke dalam, kami belok ke kiri. Agar tidak terlewati, Alfamart-nya tidak di tepi jalan utama, tetapi di kanan jalan setelah belok ke kiri.

Jarak dari mulut Jl Jambore sampai ke pertigaan ini sekitar 2,3 km, atau hanya 350 meter setelah TPU Pondok Ranggon. Setelah 400 meter dari pertigaan kami belok ke kiri dimana terdapat gapura masuk ke kompleks peternakan sapi perah Pondok Ranggon. Sekitar 50 meter kemudian kami belok kanan masuk ke gapura kecil Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon yang jalannya hanya cukup untuk satu kendaraan. Mobil saya parkir di sebelah saung-saung tradisional.

Saung bergaya tradisional yang tiang-tiang penyangganya terbuat dari batangan bambu beratap daun rumbia di bagian depan kompleks Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon. Selain lebih murah ketimbang kayu karena bahannya lebih mudah didapat, kenyamanannya juga tak kalah dengan yang terbuat dari kayu, batang pohon kelapa, atau pun beton.

Suasana saat itu masih sepi. Di depan rumah di sisi kanan jalan masuk terdapat lemari pendingin dimana di dalamnya disimpan botol-botol plastik berisi yoghurt dengan berbagai rasa. Beberapa barang tampak dipajang di bagian depan rumah itu. Setelah saya ketuk pintu beberapa kali barulah keluar seorang ibu yang mempersilahkan saya langsung melihat-lihat ke lokasi. Tampaknya ia sedang sibuk.

Saung-saung Wisata Susu Cibugary yang bukan saja bersih dan nyaman, namun juga ramah lingkungan dan tidak memakan biaya besar untuk membuatnya. Batangan bambu juga jauh lebih cepat tumbuhnya ketimbang kayu dan pohon kelapa yang memerlukan puluhan tahun untuk bisa ditebang dan dimanfaatkan.

Saat melangkah masuk ke area kandang sapi, wadah-wadah yang digunakan untuk menampung hasil susu perahan terlihat diletakkan di sisi kanan kandang, yang siap untuk digunakan untuk memerah susu sapi ketika waktunya tiba.

Sapi Perah

Saat itu kandang sapi perah Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon terlihat baru saja dibersihkan. Tempat makan dan minum sapi pun dibersihkan tanpa menyisakan air dan jerami sebatang pun. Jam makan minum sapi tampaknya belum tiba. Kebanyakan sapi perah yang ada di Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon memiliki kulit berwarna belang hitam putih, dan hanya sedikit yang belang coklat putih.

Hanya dipasang sedikit genteng kaca di langit-langit kandang yang bisa memasukkan cahaya matahari ke dalam kandang sapi ini, sehingga suasana agak sedikit suram. Mungkin memang sengaja dibuat begitu agar sapi tidak kepanasan.

Seekor sapi di Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon ini setiap harinya menghasilkan 10-15 liter susu. Susu segar sebagian dikirim ke pabrik susu, sebagian diolah menjadi yoghurt dan es krim, dan sebagian lagi langsung dikirim ke pelanggan-pelanggan rumahan.

Sapi-sapi ini terlihat jinak, maklum setiap hari susunya diperah sehingga terbiasa berdekatan dengan manusia. Apalagi anak sekolah sering berkunjung untuk melihat proses memerah susu dan memberi makan sapi. Tali leher sapi itu cukup panjang yang memberi pilihan bagi si sapi untuk berdiri atau rebah.

Di bagian paling ujung kandang ada pula sapi yang seluruh badannya berwarna putih. Mungkin jenis sapi potong. Lantaran tak terlihat orang yang bisa diajak berbincang, kami pun kembali ke bagian depan area dimana terdapat saung yang jumlahnya cukup banyak.

Suasana Nyaman

Suasana yang relatif hening di Wisata Susu Cibugary, karena cukup jauh dari tepi jalan raya dan lalu lalang kendaraan, serta hawa yang tak terlalu panas, membuat sangat nyaman untuk berbaring di saung sekadar meluruskan punggung. Di belakang saung Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon terdapat Kolam Arwana yang mungkin dimiliki oleh orang yang berbeda karena tak saya lihat ada jalan masuk ke kolam itu.

Selain menerima kunjungan keluarga di hari Sabtu dan Minggu, Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon juga menyediakan beberapa paket kunjungan bagi Siswa TK , SD, SMP, sampai SMA, dengan minimal peserta 20 orang pada hari Senin s/d Jumat. Di tempat ini juga ada beberapa alat permainan anak-anak yang kondisinya masih cukup bagus.

Ada paket Rp. 65.000 per orang (harga saat itu) dimana setiap peserta medapatkan 3 botol susu pasteurisasi, 1 botol youghrt, dan goodybag, serta penjelasan tentang budi daya ternak sapi, proses pasca panen susu, pengenalan manfaat susu sapi, pengenalan warna-warna sapi, memberi pakan ternak, praktek memerah sapi, dan minum susu bersama.

wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon wisata susu cibugary pondok ranggon

Ada pula paket Rp. 55.000 per orang, paket Rp. 45.000 per orang, dan paket Rp. 35.000, dengan jumlah bingkisan yang berbeda. Jika ingin makan siang di tempat, Wisata Susu Cibugary Pondok Ranggon juga menyediakan paket katering Rp. 25.000 / kotak.

Alamat Wisata Susu Cibugary berada di Kompleks Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02, Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur. Nomor Telp 021-93449196, 08129521253 (Rahmat), 081808367966 (Tati). Lokasi GPS : -6.35689, 106.906318, Waze. Jam buka : 09.00 - 18.00, hari Senin s/d Jumat untuk rombongan anak sekolah; Sabtu - Minggu untuk rombongan atau pun keluarga.
Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur, Nomor Telepon Penting.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 15, 2021.