Bogor, Jawa Barat, Stasiun Kereta Api

Stasiun Kereta Api Bogor

Stasiun Kereta Api Bogor merupakan bangunan berlantai dua warisan kolonial yang didirikan tahun 1881, pada +246 M. Sebelumnya, pada 1872 telah lebih dulu dibangun stasiun kereta api di Bogor dan mulai dibuka pada 1873, namun terlalu kecil untuk menampung jumlah penumpang yang kian bertambah.?

Di salah satu ruangan di Stasiun Kereta Api Bogor terdapat prasasti terbuat dari marmer sebagai penghargaan kepada D Marschalk yang memasuki masa pensiun. D Marschalk dianggap berjasa dalam mengembangkan sistem perkeretaapian di Pulau Jawa.

Arsitektur bangunan Stasiun Kereta Api Bogor bercorak Eropa, dengan ornamin motif geometrik, kaki singa dan relung di bagian lantai yang sabagiannya masih asli. Di depan stasiun ada taman yang dulu bernama Wilhemina Park. Stasiun Kereta Api Bogor dibangun di atas tanah seluas sekitar 43 ribu m2, sedangkan luas bangunannya sendiri adalah sekitar 6 ribu m2.

Kini Stasiun Kerata Api melayani angkutan massal untuk kawasan Jabotabek menuju Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Tanah Abang, serta Kereta Rel Diesel Bumi Geulis yang melayani rute Sukabumi-Bogor.


Stasiun Kereta Api Bogor

Alamat : Jl. Nyi Raja Permas, Bogor. Telp 0251-322101. Lokasi GPS : -6.594355, 106.791016, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Bogor, Hotel di Bogor Kota, Peta Wisata Bogor, Tempat Wisata di Bogor.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.