Jawa Tengah, Kudus, Pemandian, Rahtawu

Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu Kudus

Anugerah alam lainnya yang dimanfaatkan oleh penduduk Rahtawu untuk menjala rupiah dari pejalan yang datang melancong adalah menawarkan Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu. Entah siapa yang memulai dan mempeloporinya, namun setiap manusia memang diberi bongkahan abu-abu di dalam kepalanya yang mestinya dipakai berpikir dan menyiasati hidup.

Jarak pemandian ini sekitar 250 meter dari Pemandian Alam Kali Petuk arah ke hulu, dengan mengikuti jalan desa menuju ke atas atau mengarah ke barat laut dimana pegunungan, tempat bersemayamnya para pertapa, berada. Tempat ini menyediakan area parkir bagi pengendara sepeda motor yang juga diberi atap peneduh.

Jalan simpang menurun menuju ke tempat parkir dibuat seperti huruf V terhadap jalan utama desa di samping kirinya yang kemudian belok ke kanan dan memutar untuk sampai ke area parkir. Tempat ini terlihat sedikit lebih baik ketimbang yang ada di Kali Petuk, karena selain ada air terjun kecil buatan juga ada jembatan bambu yang asik untuk penggemar selfie.

pemandian alam kedung gong rahtawu kudus

Bendera Merah Putih ditegakkan di Pemandian Alam Kedung Gong, di sebelah sebatang pohon mati di dekat sejumlah batu gunung berukuran sangat besar dengan bentuk aneka rupa namun enak dilihat. Setiap warga negara yang mencintai negerinya pasti ada rasa keterikatan dengan Sang Saka Merah Putih, dan menghormatinya sebagai anugerah Tuhan karena terlahir di tanah Nusantara yang elok ini.

Jalan simpang masuk ke area parkir Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu berujud seperti huruf V miring, lantaran yang sebelah kiri sedikit menanjak dan sebelah kanan menurun ke arah lembah di pinggir bantaran sungai. Bentuk ini sedikit merepotkan bagi mereka yang datang dari arah sebelah atas.

Namun karena jalan masuk hanya bisa dilewati oleh sepeda motor, maka tak begitu sulit bagi pengunjung untuk masuk tempat parkir yang tentunya hanya dibuat untuk kendaraan roda dua. Bagusnya, tempat parkirnya diberi penutup atap sehingga sepeda motor bisa terlindung dari panas dan hujan, selain sekaligus sebagai tempat berteduh pengunjung.

Saat itu ada seorang bapak yang tampak mengajak anaknya untuk merasai jembatan bambu yang dipasang diantara dua buah batu besar, melintang di atas kali yang cukup lebar ini. Tempat itu tampaknya menjadi area yang sangat bagus untuk berselfie atau wefie. Gubug sederhana di seberang sungai juga bisa jadi tempat istirahat sambil menikmati panorama.

pemandian alam kedung gong rahtawu kudus

Pemandangan yang elok saya lihat dengan serak batu besar, jembatan bambu yang bagus untuk selfie maupun untuk menyeberang ke sisi sungai sebelahnya. Di sana terdapat sebuh gubug yang kelihatannya sangat nyaman untuk dipakai bercengkerama merajut masa depan, terutama bagi anak muda yang tengah dimabuk asmara.

Selain kedung tempat mandi di kali sebagai atraksi utama Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu, bebatuan gunung yang besar juga menjadi daya tarik tempat ini. Sebagian batu besar itu seperti ditatah sehingga bisa menjadi tempat rebahan meski dalam posisi miring.

Ada pula tangga yang sengaja dipasang agar orang bisa naik ke batu yang tinggi. Tak jelas apakah pengunjung harus membayar untuk memakai tangga itu. Namun warga Desa Rahtawu sepertinya belum bersifat terlalu komersial sehingga segala sesuatu harus diukur dan dibayar dengan uang.

Lokasi Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu sebenarnya hanya berjarak sekitar 1,6 km dari Dukuh Semliro, area teratas yang paling dekat dengan Puncak Songolikur yang juga disebut Puncak Saptorenggo, puncak tertinggi di Gunung Muria. Namun melihat kondisi jalan yang memburuk saya pun meminta Kasmudi (Budi Rentcar 0858 6572 5176) untuk putar balik, padahal ia sebenarnya tak mengeluh. Anggap belum jodoh ke Semliro.

Selain pemasukan dari ongkos parkir ada pula sewa ban, dan lapak makanan di sana. Salah satunya saya melihat spanduk Warung Makan Mbak Ngatri yang menawarkan menu Enthok Goreng lengkap dengan lalapannya, lele goreng, mie rebus, dan gorengan. Untuk minumannya ada Kopi Rahtawu, es teh, es jeruk, dan es sirup. Namun warung ini tampaknya buka jika ada keramaian.

Adanya air terjun kecil menjadi atraksi yang menarik agar orang berdiri di bawahnya dan merasakan sensasi guyuran air. Jika saja tak sering terjadi banjir di kali ini terutama di musim penghujan, bisa dipasang beberapa buah pancuran bambu betung di sana untuk lebih memberi sensasi menyenangkan.

Semoga saja dengan adanya dana desa yang digelontorkan oleh pemerintah dalam beberapa tahun terakhir ini, kondisi jalan menuju ke Semliro sekarang ini sudah jauh lebih baik sehingga bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat.


Pemandian Alam Kedung Gong Rahtawu

Alamat : Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Lokasi GPS : -6.6439418, 110.8698982, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Hotel di Kudus, Hotel Murah di Kudus, Peta Wisata Kudus, Tempat Wisata di Kudus.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 15, 2019.