Candi, Jawa Tengah, Magelang

Candi Selogriyo Magelang

Lokasi Candi Selogriyo Magelang berada di Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, di lereng bukit Giyanti, yang bisa ditempuh dengan kendaraan beroda dua atau berjalan kaki sejauh 2 km untuk sampai di depan gapura yang berbentuk paduraksa.

Dari gapura pejalan masih harus mendaki sekitar 200 anak tangga sebelum sampai di lokasi candi yang berada di ketinggian 740 mdpl pada lereng timur Bukit Condong, Giyanti, dan Malang.

Candi Selogriyo adalah candi Hindu yang diduga dibangun di jaman Kerajaan Mataram Kuna pada abad ke-9. Bangunan candi menghadap ke Timur, dengan luas 36 m2 dan tinggi 15 m. Pada keempat sisi dinding luar candi terdapat relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini tanpa kepala di sisi Utara, Ganesha di sisi Barat, Resi Agastya di sisi Selatan, serta Nandiswara dan Mahakala di sisi Timur yang juga tanpa kepala.

Untuk mencapai Candi Selogriyo bisa melalui jalur Magelang - Bandongan, dan belok kanan di Pasar Bandongan menuju ke arah Kecamatan Windusari. Sesampainya di pertigaan Windusari ada papan penunjuk arah ke Candi Selogriyo.

Candi Selogriyo Magelang

Alamat : Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Lokasi GPS : -7.423517, 110.153778, Waze. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.