Candi, Jawa Tengah, Magelang

Candi Ngawen Magelang

Candi Ngawen Magelang berada di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, sekitar 5 km sebelum Candi Mendut dari arah Jogja, dan merupakan candi Buddha yang diduga dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Sailendra dari Kerajaan Mataram Kuno.

Nama bangunan suci Venuvana (Sanskerta = Hutan Bambu) yang tertulis dalam Prasasti Karang Tengah berangka tahun 824 M, diduga merujuk pada Candi Ngawen ini.

Dalam Kompleks Candi Ngawen terdapat 5 bangunan candi berukuran kecil, dua diantaranya dihiasi patung singa di keempat sudutnya dan bentuknya berbeda dengan ketiga candi lainnya.

Di salah candi terdapat sebuah patung Buddha tanpa kepala dengan posisi Ratnasambawa. Pada dinding candi bisa ditemukan pula relief Kinnara, Kinnari, gajah, singa, dan Kala-makara.

Candi Ngawen Magelang

Alamat : Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Lokasi GPS : -7.60423, 110.27216, Waze. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang tinggal di Jakarta, lahir di Mersi - Purwokerto, sekolah di SDN Jatinom - Klaten dan SDN II Mersi - Purwokerto, SMPN1 - SMAN1 Purwokerto, S1 Farmasi ITB, dan S2/MBA IPMI/Monash University. Diperbarui: Februari 02, 2018.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".