Candi, Jawa Tengah, Magelang

Candi Lumbung Magelang

Nama Candi Lumbung Magelang ini sama dengan nama candi yang ada Taman Wisata Candi Prambanan, hanya saja lokasi ini semula berada di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Candi Lumbung aslinya berada tepat di tepi Kali Apu, yang terkena aliran lahar dingin Gunung Merapi pada 2011 lalu dan tebingnya terus tergerus menyisakan jarak kurang dari satu meter, sehingga lokasi candi dipindahkan sementara ke Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, yang berjarak 500 meter dari lokasi semula.

Candi Lumbung adalah sebuah candi Hindu. Bangunan candinya kini tersisa 65 persen, dengan ukuran 8,70 x 8,70 meter, tangga 2,5 X 2 meter, dan tinggi 8 meter dari lantai dasar.

Letak Candi Lumbung Lumbung berdekatan dengan Candi Pendem dan Candi Asu, dan karena berada di Desa Sening, maka ketiga candi sering disebut sebagai Candi-candi Sengi. Candi Lumbung bisa dicapai melalui Jalan Raya Jogja - Magelang, belok di pertigaan Blabak ke arah Ketep Pass.

Candi Lumbung Magelang

Alamat : Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasi GPS : -7.5258648, 110.3477472, Waze. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.