Candi, Jawa Tengah, Magelang

Candi Asu Magelang

Lokasi Candi Asu Magelang berada di Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, di lereng Gunung Merapi dekat pertemuan Sungai Pabelan dan Sungai Telingsing. Masyarakat setempat menamai candi peninggalan Hindu itu sebagai Candi Asu karena banyak anjing berkeliaran di lokasi sekitar candi.

Untuk mengunjungi Candi Asu dari arah Jogja, pejalan bisa melalui Jalan Jogja - Magelang, melewati Kota Muntilan, balik arah di Tugu Bambu Runcing Muntilan, lalu belok kiri di lampu merah. Ikuti jalan sejauh 6 km sampai pertigaan Kecamatan Dukun dimana terdapat petunjuk arah ke Candi Asu.

Candi Asu berbentuk bujur sangkar dengan sisi 7,94 m, kaki 2,5 m, dan tinggi badan 3,35 m, sedangkan atapnya sudah tidak ada lagi dan sebagian besar batunya telah hilang. Candi Asu dibuat menghadap ke arah Barat.

Ditemukan dua prasasti batu berbentuk lingga di area Candi Asu, yaitu prasasti Sri Manggala I (874 M) dan Sri Manggala II (874 M). Di dekat Candi Asu ada Candi Pendem dan Candi Lumbung, yang juga merupakan candi Hindu.

Candi Asu Magelang

Alamat : Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Lokasi GPS : -7.524814, 110.353884, Waze. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 02, 2018.