Candi, Jawa Tengah, Magelang

Candi Umbul Magelang

Lokasi Candi Umbul Magelang berada di Desa Kertoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Kondisi candi saat ini masih berupa reruntuhan, dan batu candinya digunakan sebagai dinding kolam pemandian alam yang dipercayai mengandung khasiat.

Beberapa buah batu candi memiliki relief tumbuhan dan binatang, seperti yang ditemui di Candi Borobudur. Salah satu kolam pemandian di situs ini airnya hangat dan yang satu lagi suhu airnya biasa. Ada gas alam di sumber air panas kolam itu, yang akan menyala jika disulut saat kolam dikuras.

Untuk berkunjung, jika naik mobil ke Candi Umbul dari arah Semarang atau Yogyakarta, pengunjung harus memutar terlebih dahulu dari Secang, dan selanjutnya ke arah Grabag.

Bila naik motor pengunjung tidak perlu memutar, bisa langsung menuju candi dengan mengikuti penunjuk arah.

Candi Umbul Magelang

Alamat : Desa Kertoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Rujukan : Peta Wisata Magelang, Hotel di Magelang, Tempat Wisata di Magelang.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah yang tinggal di Jakarta, lahir di Mersi - Purwokerto, sekolah di SDN Jatinom - Klaten dan SDN II Mersi - Purwokerto, SMPN1 - SMAN1 Purwokerto, S1 Farmasi ITB, dan S2/MBA IPMI/Monash University. Diperbarui: Februari 02, 2018.

Tulis Komentar

Ketik dulu, lalu klik "Masuk ..." atau "Posting".

Jika suka blog ini, klik untuk traktir saya secangkir kopi, atau sejenak kirimkan doa buat orang-orang yang telah membuat hidupmu jadi lebih baik.

« Baru©2021 Ikuti SayaLama »