Hiburan

Shakatak di JakJazz 2006

Saya mengenal Shakatak sudah lama, sejak masih kuliah di awal tahun 1980-an. Mereka mudah diingat karena dua hal, musiknya yang manis namun dinamis, dan nama mereka yang unik, mengingatkan pada katak, binatang yang hidup di dua dunia itu.

Namun demikian, sangat sedikit yang saya ketahui tentang personil pendukung Shakatak, dan dari mana mereka berasal, sampai saya berada di Gedung Senayan melihat penampilan langsung mereka. Ketika membuat tulisan ini, saya mendapat tambahan pengetahuan tentang siapa mereka ini...

Shakatak rupanya tumbuh dari dua kelompok band, yaitu the TRACKS dan NORTHERN LIGHTS. Album tunggal mereka pertama kali dibuat dan dijual di sebuah toko rekaman di London lewat pesanan pos. Toko itu bernama RECORD SHACK. Polydor Records kemudian mengetahui "white label" ini dan menawarkan band yang belum punya nama itu untuk sebuah kontrak rekaman.

shakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazz

Nama SHAKATAK kemudian diputuskan sebagai ungkapan terima kasih kepada RECORD SHACK untuk pendistribusian musik mereka, dan kata ATTACK ditambahkan hanya agar bunyinya enak didengar! Dengan membuang huruf C dan satu huruf T maka nama SHAKATAK pun lahir.

Susunan personil resmi awal Shakatak adalah BILL SHARPE (kibor), KEITH WINTER (gitar), ROGER ODELL (drum), dan GEORGE ANDERSON (bas gitar) yang mengganti Steve Underwood setelah album pertama mereka.

Adalah lagu "Night Birds" yang membuat grup ini terkenal di Inggris dan di seluruh penjuru dunia, termasuk Bandung, tempat dimana saya kuliah ketika itu.

Album Shakatak yang berjudul "Invitations" dan "Out Of This World" berturut-turut direkam pada 1982 dan 1983. Jill Saward lalu muncul sebagai vokalis utama pada album kelima Shakatak berjudul "Down On The Street".

Di JakJazz, selain Jill Saward (vokal utama), ada pula Bill Sharpe (kibor), Keith Winter (gitar), Roger Odell (drum), dan Jacqui Hicks (vokal latar, sax & flute). Tampaknya George Anderson dan Alan Wormald tidak tampil.

shakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazzshakatak jakjazz

Shakatak

Alamat : JakJazz, Senayan, Jakarta. Rujukan : Hotel di Jakarta Selatan, Hotel Melati di Jakarta Selatan, Peta Wisata Jakarta Selatan, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Selatan.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 27, 2017.