Percikan

Tikungan Hidup

Di tulisan Lintasan Tak Terpeta saya menawarkan beberapa pikiran tentang mimpi. Mungkin perlu membacanya nanti jika akhir-akhir ini Anda terganggu dengan mimpi-mimpi yang aneh di malam hari. Sekarang, ijinkan saya berbagi pikir tentang lintasan hidup, nasib, dan keberuntungan. Bagaimana mungkin seorang arsitek bisa mendirikan sebuah berusahaan pabrik obat?

Bagaimana bisa tinggal di kota atau negara di mana kita hidup sekarang ini? Berapa banyak titik balik yang pernah kita alami yang mengubah perjalanan hidup? Apakah semua itu hanya kebetulan, atau bagian dari desain besar, sudah tercetak dalam jiwa kita? Itu adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul.

Cukup sering semuanya dimulai dengan sebuah inspirasi, percikan listrik di otak kita yang menghasilkan ide-ide. Kita bisa terinspirasi setelah membaca artikel atau buku, bertemu orang-orang, melihat film atau berada di alam bebas, mengalami situasi yang berbeda.

Seorang mahasiswa arsitek mendapat pekerjaan sebagai detailer, karena saudara temannya kebetulan bekerja di sebuah perusahaan farmasi. Dia kemudian menjadi seorang pedagang sebelum mendirikan pabrik farmasi. Apakah dia mendapatkan pekerjaan karena keberuntungan belaka? Mungkin. Ini dimulai dengan sebuah ide untuk alasan bertahan hidup, bahwa ia membutuhkan pekerjaan.

Keterikatan saya dengan Bimbo, grup musik asal Kota Bandung, mengilhami saya untuk belajar di ITB. Namun, meskipun ingin menjadi seorang insinyur nuklir tetapi mendapati diri saya belajar di jurusan farmasi. Saya ingin menikahi sebuah wanita "abc", tapi akhirnya kawin dengan gadis "xyz". Ada yang pembelokan jalur dalam kehidupan kita, yang kadang-kadang bisa sangat fenomenal.

Sebuah pencopet berubah menjadi seorang jenderal. Benar, itu ada di film Nagabonar 2. Dalam kehidupan nyata hal itu bisa jadi sebaliknya. Apa yang membuat Tukul Arwana menjadi begitu terkenal dan kaya? Apakah itu nasib?

Berikut ini adalah sebuah cerita sufi:
Seorang laki-laki bertanya kepada Mulla Nasrudin yang terkenal itu, "Apa arti nasib, Mulla?"
Mulla menjawab, "Asumsi."
"Dengan cara apa?" orang itu bertanya lagi.
Mulla menatapnya dan berkata,
"Anda menganggap hal-hal tertentu akan berjalan dengan baik, namun tidak - Anda sebut itu nasib buruk.
Anda menganggap hal-hal tertentu akan menjadi buruk, namun tidak - Anda sebut itu keberuntungan.
Anda menganggap hal-hal tertentu akan terjadi atau tidak terjadi - dan Anda begitu kekurangan intuisi sehingga tidak tahu apa yang akan terjadi.
Anda menganggap bahwa masa depan tidak diketahui.
Ketika Anda terjebak di dalamnya - Anda sebut itu Takdir."


Apapun dan siapapun kita hari ini, di mana pun kita hidup sekarang adalah hasil dari puluhan atau mungkin ratusan peristiwa pembelokan dalam hidup kita. Mungkin mulai dengan sebuah ide, berakhir dengan keputusan pada pilihan, dan pelaksanaan keputusan mengubah arah hidup kita. Dalam beberapa kasus kita hanya menerima keputusan dan mengikuti arah yang telah disiapkan untuk kita.

Masa depan akan dipengaruhi oleh obsesi dan hasrat yang kita miliki saat ini atau akan dibuat besok. Mari berhati-hati dengan ide-ide, sebab nasib baik atau buruk adalah sesuatu yang sebelumnya kita selalu mimpikan dengan gairah.

Jadi, apa saja pembelokan jalan hidup yang telah menciptakan seperti apa kita hari ini? (Terbit 6 April 2007)


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Oktober 28, 2017.