Jakarta, Jakarta Timur

Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah Jakarta menempati area seluas 150 hektar yang merangkum ragam budaya sebagian besar suku yang ada di Indonesia, yang ditampilkan di anjungan-anjungan dengan arsitektur tradisional daerah. Di tengah-tengah TMII terdapat danau buatan dengan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya.

Lihat pula Peta Wisata Jakarta Timur. Berbagai wahana rekreasi, museum, Teater IMAX Keong Mas, Teater Tanah Airku, panggung terbuka, tempat ibadah dan kuliner, bermacam taman hidup, taman burung, membuat TMIII menjadi salah satu daya tarik utama wisata Jakarta.

Akses ke Taman Mini Indonesia Indah

Busway TransJakarta Koridor IX: Pinang Ranti - Pluit | Bus Gandeng PPD BT. 03 (Grogol - TMII) | KWK S. 15 A (Ragunan - PT. II TMII) | KWK T. 01 (Cililitan - Bambu Apus) | KWK T. 02 (Cililitan - Cipayung) | KWK T. 05 (Cililitan - Setu) | KWK P. 15 (Cililitan - Cilangkap) | KWK K. 40 (Bekasi-Kmp. Rambutan) | KWK S. 19 (Depok - Pinang Ranti) | Metro Mini T. 45 (Pulogadung-PT.II TMII)

Tiket masuk ke TMII adalah Rp. 9.000 (di atas 3 tahun), mobil Rp. 10.000, motor Rp. 6.000, bus Rp. 15.000, dan sepeda Rp. 1.000.

Untuk melihat lokasi tiap-tiap wahana dan tempat menarik lainnya di TMII, silahkan lihat juga Peta TMII. Lihat juga Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.

Taman Mini Indonesia Indah

Balon Raksasa, Sebuah wahana di TMII dimana pengunjung bisa merasakan naik di atas balon dan melihat pemandangan kompleks sekitar dari udara.

Bayt Al Qur'an dan Museum Istiqlal, Menampilkan warisan budaya unggul ulama dan pemikir muslim Nusantara serta luar negeri berupa mushaf, manuskrip Al Qur’an, dll.

Gereja Katholik Santa Catharina, Diresmikan 1975 yang menyerupai Gereja Santa Catharina Surabaya.

Gereja Kristen Haleluya, Bangunannya diperuntukkan bagi penganut agama Kristen, diresmikan pada tahun 1975.

Istana Anak-anak Indonesia, Dengan bangunan menyerupai istana dongeng, terdiri atas empat lantai dengan ruang terbuka di lantai dua.

Kelenteng Kong Miao, Diresmikan pada 23 Desember 2010, sebagai tempat ibadah para penganut Khonghucu.

Masjid At Tin berada Jl Taman Mini 1, dekat kompleks utama Taman Mini Indonesia Indah, yang dibangun untuk mengenang Ibu Tien Soeharto yang wafat pada 1996.

Masjid Pangeran Diponegoro, Dengan luas bangunan 760 m2, dilengkapi perpustakaan, menara berbentuk kubah dengan tinggi 26 m. GPS -6.3032964, 106.89237

Museum Asmat, diakses melalui Taman Bunga Keong Emas atau jembatan Taman Aquarium Air Tawar, dengan bangunan meniru rumah pemujaan suku Tobati-Enggros, Sentani.

Museum Keprajuritan Indonesia, Berupa benteng segi lima, dikelilingi danau dengan Kapal Banten dan kapal Pinisi, menampilkan jejak sejarah bangsa sejak abad tujuh sampai sembilanbelas.

Museum Komodo dan Taman Reptil, Menampilkan koleksi berbagai jenis hewan mamalia, reptil, burung langka yang sudah diawetkan maupun yang hidup. GPS -6.3036216, 106.9009799.

Museum Listrik dan Energi Baru
Menyajikan peragaan energi dan listrik di dalam Anjungan Listrik dikelilingi Anjungan Energi Baru, Energi Fosil, dan Energi Konvesional.

Museum Minyak dan Gas Bumi
Dengan gedung utama berbentuk anjungan lepas pantai dan dua bangunan pendukung berbentuk gilig, menampilkan sejarah industri perminyakan, Teater Minyak, dll.

Museum Olahraga
Wisata Taman Mini Indonesia Indah yang berbentuk bola dengan luas bangunan 3.000 m2. GPS -6.3041015, 106.8890548.

Museum Penerangan
Menampilkan dan merawat benda sejarah penerangan dan komunikasi tatap muka, radio, TV, film, dan pers. GPS -6.2997506, 106.893357.

Museum Perangko Indonesia
Dengan dua pintu gerbang berbentuk candi bentar, memamerkan koleksi prangko dari dalam dan luar negeri.

Museum Pusaka
Dengan bentuk keris yang menjulang di atas bangunannya, dengan koleksi senjata tradisional warisan leluhur.

Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu
Seluas 500 m2 yang mengambil bentuk tubuh belalang, diresmikan pada 20 April 1993, dengan koleksi sekitar 500 jenis.

Museum Telekomunikasi
Dengan kubah berwarna biru dan Monumen Sumpah Palapa Mapatih Gajah Mada yang diucapkan sambil mengacungkan keris.

Museum Timor Timur
Menyimpan koleksi benda budaya di wilayah yang pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ini

Pasar Buku Langka
Diperuntukkan bagi para penggemar buku tua dan langka, termasuk buku komik dan buku silat. GPS -6.3009183, 106.9011864

Pemancingan Telaga Mina
Merupakan kolam pemancingan terluas di Jakarta, dengan sistem kompetisi.

Perahu Angsa
Bisa dinikmati pengunjung untuk berkeliling di area miniatur kepulauan Indonesia.

Pura Hindu Dharma Penataran Agung Kertabhumi
Dengan arsitektur pura Bali, terdiri dari Candi Bentar, Balai Gong dan Kul-kul, Padu Rasa, dan altar tempat pemujaan.

Pusat Peragaan IPTEK
Dengan berbagai macam alat peraga IPTEK yang langsung bisa diperagakan, dilihat dan dirasakan oleh pengunjung.

Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
Tempat ibadah kaum penghayat aliran kepercayaan dan kebatinan, mengambil nama tokoh priyayi Solo yang tidak mau bekerjasama dengan VOC.

Sasana Kriya
Menjadi pusat pemasaran hasil-hasil industri kerajinan dari seluruh daerah di Indonesia.

SnowBay Waterpark
Dengan beragam permainan air yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Taman Akuarium Air Tawar
Diresmikan 20 April 1994, berada di atas danau buatan berdampingan dengan Taman Bunga Keong Emas dan Museum Serangga Taman Kupu-kupu.

Taman Budaya Tionghoa Indonesia
Menyediakan berbagai cindera mata, makanan dan ramuan obat-obatan khas Cina.

Taman Legenda Keong Emas, area wisata keluarga di Taman Mini Indonesia Indah, menggambarkan legenda cinta sejati antara Raden Panji Asmara Bangun dan Dewi Sekartaji, dengan aneka wahana dan Legenda Dinosaurus yang sangat menarik.

Teater 4 Dimensi dan Wonder Adventure
Merupakan bioskop untuk pemutaran film tiga dimensi dan film-film 4D (DMotion).

Teater Tanah Airku
Berupa gedung pementasan seni dengan teknologi multimedia berstandar internasional.

Theater Imax Keong Emas
Berbentuk keong raksasa berwarna keemasan, yang merupakan tempat pemutaran film dengan teknologi IMAX.

Wihara Arya Dwipa Arama
Dengan bentuk bangunan seperti stupa Candi Borobudur yang mewakili tempat ibadah bagi penganut agama Budha. taman mini indonesia indah jakarta

Museum Indonesia
di Taman Mini Indonesia Indah yang menampilkan ragam koleksi karya seni dan budaya luhur suku-suku di Indonesia, menempati gedung bergaya Jawa Bali berlantai tiga, dengan latar depan potongan batang-batang pohon tua.

Patung naga menghiasi jembatan masuk ke ruang museum, lambang jembatan yang dibuat pasukan wanara anak buah Raja Wanara Sugriwa, saat Rama menyerbu Alengka. Ada pula patung-patung cantik yang diambil dari kisah Ramayana juga menghias bagian depan serta di sekeliling gedung museum.

taman mini indonesia indah jakarta
Museum Purna Bhakti Pertiwi
ada di sekitar Taman Mini Indonesia Indah, tepatnya di Jl. Jalan Raya Taman Mini Pintu 1. Kel. Ceger, Kec. Cipayung, menyimpan koleksi bernilai tinggi peninggalan mendiang Presiden Soeharto.

Ide membangun Museum Purna Bhakti Pertiwi datang dari mendiang Ibu Tien Soeharto agar masyarakat berkesempatan ikut melihat benda-benda sangat berharga itu, yang mimpi pun tak pernah melihat apalagi memilikinya.

taman mini indonesia indah jakarta
Museum Transportasi
, salah satu favorit di Taman Mini Indonesia Indah, memamerkan perkembangan teknologi transportasi dengan ruang pamer di dalam dan di luar. Koleksinya sangat beragam, dari mulai alat angkut tradisional hingga kapal dan pesawat terbang modern.

Di bagian kiri luar terdapat Taman Lalu Lintas dan koleksi lokomotif serta gerbong kereta api. Ada pula terowongan kereta api dan Kereta Api Luar Biasa yang dipakai Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh Hatta sewaktu pemerintahan RI pindah ke Yogyakarta.

taman mini indonesia indah jakarta
Taman Burung
, merupakan salah satu tempat paling terkenal di Taman Mini Indonesia Indah dengan koleksi berbagai jenis burung indah yang hidup di Indonesia bagian Barat dan bagian Timur. Seluruh keluarga bisa menikmati suasana dan keindahan tempatnya.

Taman ini dibangun tahun 1975, dengan satu kubah saat diresmikan 19 Agustus 1976. Delapan kubah lagi diresmikan 27 April 1986. Kubah barat untuk burung wilayah Indonesia Barat, dan kubah timur untuk burung Indonesia Timur.



Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Januari 01, 2019.