Jakarta, Jakarta Timur, Masjid

Masjid Pangeran Diponegoro TMII

Lokasi Masjid Pangeran Diponegoro TMII Jakarta berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, dan menjadi salah satu tempat ibadah untuk umum yang berada di dalam kawasan wisata yang sangat luas dan lengkap ini.

Bangunan Masjid Pangeran Diponegoro terletak di kanan depan Gedung Sasana Kriya, bersebelahan dengan gedung Gereja Santa Chatarina dan miniatur Borobudur.

Atap masjid berbentuk setengah bola bergaya Bizantium yang dipengaruhi struktur ruangan Pantheon Yunani Kuno.

Masjid Pangeran Diponegoro yang tidak memiliki hiasan dekoratif ini merupakan bangunan masjid dua lantai yang dibangun di atas lahan seluas 2.850 m2 dengan luas bangunan mencapai 760 m2. Arsitekturnya menyerupai Masjid Al Azhar di Kebayoran dan Masjid Syuhada di Yogyakarta.

Pembangunan masjid dilakukan sejak tahun 1973 dan diresmikan dua tahun kemudian pada 1975 oleh Presiden Soeharto. Nama Pangeran Diponegoro dipilih sebagai nama masjid untuk menghormati jasa pahlawan nasional ini yang bersama masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah mengobarkan perang selama lima tahun melawan penjajahan Belanda.

Masjid Pangeran Diponegoro TMII Jakarta

Alamat : Jalan Raya Taman Mini Pintu 1. Kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur. Lokasi GPS : -6.30353, 106.892401, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel di Jakarta Timur, Hotel Melati di Jakarta Timur, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta Timur.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 03, 2018.