Bekasi, Jawa Barat, Situs

Situs Saung Ranggon Bekasi

Situs Saung Ranggon Bekasi lokasinya berada di Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, merupakan sebuah rumah panggung yang konon dibangun oleh salah satu keturunan Pangeran Jayakarta bernama Pangeran Rangga pada sekitar abad ke-16. Saung Ranggon ditemukan oleh Raden Abbas pada 1821.

Saung Rangon berada di atas tanah seluas 500 m², dengan bangunan 7,6 m x 7,2 m, dan berada 2,5 m dari permukaan tanah. Bagian dalam Saung Ranggon berupa ruang terbuka tanpa sekat dengan sebuah kamar.

Atap berbentuk Julang Ngapak (terdiri dari dua bidang miring) dengan penutup terbuat dari sirap kayu. Setiap tahun di sini dilakukan acara ”Maulidan”, dengan ritual membersihkan pusaka, hiburan jaipongan, dan wayang kulit khas Bekasi (Betawi).


Saung Ranggon Bekasi

Alamat : Desa Cikedokan, Cikarang Barat, Bekasi. Lokasi GPS : -6.338212, 107.06999, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Rujukan : Hotel Murah di Bekasi, Hotel di Bekasi, Tempat Wisata di Bekasi, Peta Wisata Bekasi.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Februari 05, 2018.