Batang, Jawa Tengah, Makam, Syekh Maulana Maghribi, Wali

Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro

Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang berada di Bukit Wonobodro, perbukitan tak begitu tinggi di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kabupaten ini tepat berada di sebelah Timur Kabupaten Pekalongan, yang dilewati jalan Pantai Utara Jawa, dengan jalur tengkorak terkenal bernama Alas Roban.

Kami menempuh jarak 4,2 km dari area Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran, atau sekitar 28 km dari Alun-Alun Batang untuk sampai di halaman parkir Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang yang cukup luas. Area parkirnya tepat di kaki bukit, dengan undakan lebar menuju ke gapura yang berada di atas.

Saat kami turun dari kendaraan, anak-anak datang mendekat mengerubungi kami dan menawarkan air dalam botol yang biasa dibawa pada saat ziarah. Di di pinggiran tempat parkir itu terdapat pedagang gorengan yang ramah. Di sisi sebelah kiri undakan ada kolam segi empat cukup besar berisi air jernih yang diperuntukkan buat peziarah pria, namun tak saya lihat kolam pesucen untuk wanita.

Pasujudan Aulia Wonobodro

Di sebelah kanan area ada cungkup kecil yang disebut petilasan pasujudan aulia Wonobodro, dan di sebelah petilasan pasujudan ada pancuran tunggal dengan tengara "Air Kramat Petilasan Wudhu Auliya Wonobodro".

Setelah menaiki undakan dan melewati gerbang atas, terlihat jalur lurus menuju cungkup Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro, sementara di jalan ke kanan ada tengara "Makam Ky Agung Pekalongan, Makam Ki Ageng Wonobodro". Kami berjalan ke kanan lebih dulu.

Makam Ky Agung Pekalongan

Setelah berjalan beberapa puluh langkah, kami sampai di sebuah kompleks kubur dengan cungkup cukup besar di sebelah kiri. Saat itu di dalam cungkup ada seorang peziarah sedang berdoa di depan jirat kubur yang ditutup kain hijau dan dipagar. Tak ada tengara nama pada makam utama di dalam pendopo yang besar ini, namun sepertinya itu adalah makam Kyai Agung Pekalongan.

Di belakangnya ada sepasang makam dengan nisan marmar berbentuk botolan yang mungkin Makam Ki Ageng Wonobodro. Ada yang menyebut Kyai Agung Pekalongan adalah Ki Ageng Wonobodro, namun ada yang menyebut sebagai orang yang berbeda. Sayang tak saya peroleh riwayat mereka.

Di pendopo ada sejumlah makam lain, dengan nisan batu tipis sederhana. Di halaman ada lagi sepasang makam dalam cungkup kecil dengan lantai tinggi, juga tak ada tengara nama di sana. Kami meninggalkan makam ini dengan melewati gapura lengkung untuk menuju ke cungkup Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang.

Syekh Maulana Maghribi

Jirat kubur Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang juga ditutupi kelambu, namun warnanya putih dan berenda, yang lokasinya tepat berada di tengah pendopo yang ditopang empat sokuguru bercat warna tembaga. Di dalam kelambu terdapat dua makam panjang dan tinggi. Di belakang kubur terlihat papan pemisah ruangan peziarah pria dan wanita.

Masih di dalam pendopo Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang terdapat beberapa kubur lainnya, beberapa diberi tanda nama yang cukup membantu bagi peziarah. Diantara makam yang bertengara itu adalah Makam Syekh Fakir Sugih, dan Makam Syekh Jambu Karang. Uniknya Makam Syekh Jambu Karang juga ada di Pemalang dan Purbalingga.

Syekh Maulana Maghribi berasal dari Maghrib, Maroko. Ada pula yang menyebut bahwa ia lahir di Samarkand. Raffles menyebutnya berasal dari Arab, dan menetap di Desa Leran. Sedangkan J.P. Moquette menduga Malik Ibrahim berasal dari Kashan, Iran sekarang. Yang diakui banyak orang adalah pengaruhnya yang besar dalam penyebaran agama Islam di Jawa.

Di Wonobodro, setiap 13 Syuro diselenggarakan khol untuk Syekh Maulana Magribi, Sunan Kudus, Syekh Bandi Maktis, Syekh Fakir Sugih, Kyai Agung Pekalongan, Kyai Bahurekso, dan Ki Ageng Wonobodro. Salawat, dzikir, tahlil, dan ceramah diselenggarakan pada malam hari, dan esok paginya orang berjalan beriringan dari masjid ke makam untuk berziarah.

Warga setempat mempercayai bahwa yang ada di Bukit Wonobodro adalah makam atau petilasan Syekh Maulana Maghribi yang paling tua, dengan alasan banyaknya peziarah yang datang ke tempat ini terutama sejak setengah bulan sebelum bulan puasa. Di Kabupaten Batang masih ada satu lagi Makam Syekh Maulana Maghribi, namun tak saya kunjungi.

makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang makam syekh maulana maghribi wonobodro batang

Ini adalah makam kelima dengan nama penghuni sama yang sudah saya kunjungi. Yang pertama saya kunjungi adalah yang di Cirebon, lalu di Gresik, kemudian di Parangtritis, dan di Kebumen.

Lokasi Makam Syekh Maulana Maghribi berada di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Lokasi GPS : -7.087925, 109.8419094, Waze. Hotel di Batang, Tempat Wisata di Batang, Peta Wisata Batang.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! Agustus 29, 2019.