Jakarta, Jakarta Barat

Gedung SMPN 32 Jakarta Barat

Gedung SMPN 32 Jakarta berada di Jl. Pejagalan Raya 52, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, sekitar 50 meter dari Kali Krukut. Gedung ini awalnya adalah rumah Cina Kho Pu Tjien yang dibangun tahun 1880, dan menjadi tempat penginapan bagi para pedagang yang datang dari luar Batavia.

Para pedagang senang menginap di tempat ini karena bisa menambatkan perahunya di dermaga di dekat rumah. Rumah Cina ini kemudian dibongkar menyisakan bagian berlantai dua.

Pada perkembangan lebih lanjut, tahun 1920 dibuat bangunan mengelilingi rumah yang bergaya eklektik Indies, dengan teras-teras untuk menyesuaikan dengan iklim tropis.

Bangunan aslinya masih berbentuk seperti bangunan rumah pecinan, dengan bentuk ekor walet pada ujung-ujung atapnya. Namun sekitar 2 tahun lalu bangunan yang ada di sisi sebelah kanan sempat ambruk.

Arsitektur di lantai dua memakai konstruksi kayu khas Cina yang disebut tou-kung, yaitu sistem konsol penyangga kantilever bagian teras sehingga dapat dilihat dari arah luar.

Ornamen tou-kung lazimnya dijumpai pada bangunan istana, kuil, dan rumah tinggal orang kaya. Sejak 1950 bangunan rumah Cina ini digunakan sebagai gedung sekolah.

Gedung SMPN 32 Jakarta BaratFoto: Facebook SMPN 32

Alamat Gedung SMPN 32 berada di Jl. Pejagalan Raya 52, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Lokasi GPS : -6.139787, 106.807308, Waze. Rujukan: Hotel di Jakarta Barat, Tempat Wisata di Jakarta Barat, Hotel Melati di Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta Barat, Peta Wisata Jakarta, Rute Lengkap Jalur Busway TransJakarta, Tempat Wisata di Jakarta.


Bagikan ke:
Facebook, Twitter, WhatsApp, Telegram, Email. Print!.

, seorang pejalan musiman dan penyuka sejarah. Penduduk Jakarta yang sedang tinggal di Cikarang Utara. Traktir BA secangkir kopi. Secangkir saja ya! November 09, 2018.