Foto Kedai Seni Djakarte

Minuman yang disajikan dalam toples, sebuah cara penyajian yang unik. Rasa Es Toples Markisanya yang mantap harganya Rp 15.000 saja, sedangkan es teh manis Rp 9.000. Pilihan lain adalah Es Toples Strawberry, Es Toples Anggur, dan Es Toples Kiwi. Ada pula minuman tradisional seperti bandrek, bajigur, dan bir pletok. Jus, float, dan minuman ringan juga ada. Harga minuman lain berkisar antara Rp 13.000 - Rp 25.000.



Nasi dan soto Betawi yang harganya dibandrol Rp 35.000, sedangkan Sop Buntut dipatok Rp 37.000. Bagi yang biasa makan di Cafe Betawi di Citos atau di gerai lainnya, porsi soto Betawi di Kedai Seni Djakarte ini agak kurang banyak, meski rasa sotonya boleh jadi tak kalah. Boleh jadi karena harganya memang lebih murah yang ada untungnya juga karena bisa mencoba makanan lainnya.



Begini suasana dan pengaturan tempat duduk di ruang utama Kedai Seni Djakarte dilihat dari tangga yang menuju ke lantai dua, dengan cat dinding berwarna merah terang. Selain pasangan meja bundar dengan kursi kayu model Betawi, di sudut ruangan juga ada sofa dengan meja segi empat. Di lantai dua ada pula tempat duduk jika lantai satu sudah penuh.



Tampak muka Kedai Seni Djakarte dengan tempat duduk luar di udara terbuka, sebagian diberi payung bundar yang cukup efektif untuk melindungi mereka yang duduk di bawahnya dari sengat sinar matahari Jakarta. Jika penguasa langit itu sudah mulai turun ke arah Barat dan tidak turun hujan, duduk di luar ruang akan terasa menyenangkan karena bisa sambil menikmati suasana di sekitar Taman Fatahillah.



Tulisan dan karikatur yang ditoreh oleh di atas kain putih para pengunjung kedai yang mungkin akan terlihat jauh lebih baik jika saja tulisan dan gambarnya tak bertumpuk-tumpuk.



Begini suasana dan pengaturan tempat duduk di ruang utama Kedai Seni Djakarte, dengan cat dinding berwarna merah terang. Selain pasangan meja bundar dengan kursi kayu model Betawi, di sudut ruangan juga ada sofa dengan meja segi empat. Di lantai dua ada pula tempat duduk jika lantai satu sudah penuh.



Penampakan pada semangkuk soto Betawi. Di bagian atas adalah minuman yang disajikan dalam toples, sebuah cara penyajian yang unik. Rasa Es Toples Markisanya mantap. Pilihan lain adalah Es Toples Strawberry, Es Toples Anggur, dan Es Toples Kiwi. Ada pula minuman tradisional seperti bandrek, bajigur, dan bir pletok. Jus, float, dan minuman ringan juga ada. Harga minuman berkisar antara Rp 13.000 – Rp 25.000.



Kedai Seni Djakarte dengan suasana jalan pedestrian di kawasan Taman Fatahillah Kota Tua. Pengelola Kota Tua tampanya masih kerepotan dalam menata pedagang kaki lima, sehingga kawasan ini belum terlihat benar-benar rapi.



©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.