Foto Tjo Soe Kong 1

aroengbinang.com - Hal yang unik di Kelenteng Tjo Soe Kong adalah adanya altar Embah Rahman dan Empe Dato yang terletak di kiri kanan altar Hok Tek Ceng Sin, serta altar bagi Dewi Neng. Dahulu kala Embah Rahman adalah seorang jawara terkenal di wilayah Tanjung Kait, mungkin karena itu altarnya sering didatangi oleh orang yang tengah mencari pesugihan. Dewi Neng adalah orang pribumi di Tanjung Kait yang konon merupakan anak Kongco Tjo Soe Kong.

kelenteng tjo soe kong tanjung kait

Salah satu dari sepasang patung Ciok-Say (singa) terbuat dari batu andesit di halaman Kelenteng Tjo Soe Kong Tanjung Kait. Singa yang jantan menimang bola itu diletakkan di atas batu dengan relief kuda dan singa serta ornamen lengkung, sedangkan Ciok-Say betina seperti biasa sedang bermain dengan anaknya. Di belakang patung singa ada batu berbentuk bulat dengan ukiran daun dan bebungaan indah, serta rilief binatang. Mungkin ini batu nisan pemberian seorang tuan tanah terkaya di Batavia bernama Andries Teisseire (1746 - 1800), yang dibawanya langsung dari Tiongkok saat kelenteng mulai dibangun. Andries mencatat keberadaan Kelenteng Tjo Soe Kong pada 1792, sedangkan kapan didirikannya tidak diketahui pasti.

kelenteng tjo soe kong tanjung kait

Jika dari jauh tampak seperti batu, maka pandangan lebih dekat pada bentuk bulat dengan ukiran daun dan bebungaan indah serta relief binatang itu seperti terbuat dari logam. Mungkin benar bahwa inilah batu nisan pemberian seorang tuan tanah terkaya di Batavia bernama Andries Teisseire (1746 - 1800), yang dibawanya langsung dari Tiongkok saat kelenteng mulai dibangun.

kelenteng tjo soe kong tanjung kait

Meskipun berada di dekat laut, Kelenteng Tjo Soe Kong tidak didirikan oleh para pelaut, namun oleh para petani tebu keturunan Tionghoa yang tinggal di daerah Mauk, Tangerang.

kelenteng tjo soe kong tanjung kait

Di bagian depan altar Tjo Soe Kong terdapat patung sepasang penjaga yang disebut Pek How Pek Cuah atau Pek Houw (harimau putih) Pek Coa (ular putih).

kelenteng tjo soe kong tanjung kait