Foto Stasiun Kejaksan 2

Lukisan besar yang memperlihatkan tampak depan bangunan simetris sempurna Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon pada jaman dahulu. Pada dinding menara pendek di kiri kanan menara utama terdapat tulisan “CHERIBON”. Ada pula angka “1911” di bidang puncak segitiganya.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Lampu gantung di ruang tengah Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon. Ruangan yang tak terlalu luas ini dibatasi dengan lubang-lubang penghubung berbentuk lengkung dengan ruang-ruang di sekitarnya.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Membandingkan dengan lukisan foto yang berada di dalam ruangan stasiun, perbedaan pada ketiga menara utama saat ini dengan jaman dahulu adalah selain huruf "CIREBON" di bawah jam, hilangnya kata "CHERIBON" di kiri kanan bawah menara kecil, juga ada perbedaan pada jumlah lubang hawa serta kaca patri yang dulu tidak ada.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Ditarik lebih ke belakang lagi terlihat kombinasi berantakan antara bangunan kolonial berkelas di latar belakang, gapura candi bentar khas Jawa di sebelah kiri, dan bangunan fungsional tak berkelas yang menjadi loket pembayaran kendaraan roda empat di sebelah kanan dan loket sepeda motor di sebelah kiri. Kondisi saat ini mestinya sudah lebih baik dari saat foto ini diambil.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Penampakan pada atap lengkung pelindung di depan pintu masuk ke dalam stasiun, serta neon sign untuk loket reservasi tiket.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.