Foto Stasiun Kejaksan 1

Rel dan peron utama di Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon sebelum renovasi tahun 2011 yang meninggikan peron sehingga sangat memudahkan proses turun naiknya penumpang kereta. Deretan lampu, struktur atap tinggi dengan rangka besi merupakan ciri-ciri bangunan stasiun lama di banyak tempat di Pulau Jawa.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Pandangan dari samping depan gedung Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon. Jam dinding bulat masih dipertahankan, namun angka 1911 telah diganti huruf "CIREBON". Sedangkan kata "CHERIBON" di kiri kanan menara pendek sudah dihapus, dengan bidang tulisannya dibiarkan kosong. Atap lengkung di depan merupakan tambahan yang mementingkan fungsi ketimbang keindahan arsitektur.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Di sebelah kiri bangunan Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon terdapat menara air dengan tulisan “Stasiun Kereta Api Cirebon” dan logo lama Perumka di atasnya yang dipakai pada 1991 yang telah diganti dengan logo baru PT KAI sejak 2011. Di menara air ini dulu hanya ada tulisan “Cheribon”, “kaartjes” di sebelah kiri dan “bagage” di sebelah kanannya.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Tengara jarak tempuh di Stasiun Kereta Api Kejaksan Cirebon, arah timur 466 km ke Surabaya, dan arah barat 214 km ke Jakarta. Jakarta - Cirebon hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam, waktu tempuh yang sulit dicapai dengan kendaraan roda empat.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

Tiang-tiang tinggi dengan atap seng merupakan ciri bangunan stasiun kereta api. Matahari belum lama tenggelam dan penumpang tampak mulai bersiap untuk naik ke atas kereta yang sebentar lagi akan segera tiba untuk membawa mereka ke stasiun Jatinegara atau Gambir di Jakarta.

stasiun kereta api kejaksan cirebon

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.