Foto Roong Tondano 1

Sebuah villa berukuran tak begitu besar namun sangat indah, dengan kolam dan gazebo, berada di pinggiran persawahan Roong Tondano. Villa itu akan terlihat saat kita menuju ke Danau Tondano. Pemandangan perbukitan berkabut indah di pagi bisa dinikmati dari tempat ini, dengan latar depan gerumbul pepohonan pisang yang rapat. Sulawesi Utara terkenal sebagai penghasil pisang Goroho yang rasanya sangat lezat.

roong tondano minahasa sulawesi utara

Sekelompok bunga cantik yang berada di halaman rumah Oom Leo Supit yang asri. Ada sejumlah bunga cantik lainnya di halaman itu, namun hasil fotonya tak secantik bunganya karena lupa tak menggunakan lensa macro.

roong tondano minahasa sulawesi utara

Di pagi hari itu kabut tebal masih manyelimuti perbukitan yang menjadi latar pemandangan persawahan luas di Desa Roong. Jika saja para pemilik sawah itu bersatu dalam bentuk koperasi, menghilangkan sebagian besar pematangnya menjadi sebuah ladang sawah raksasa, maka bisa dilakukan mekanisasi pertanian dan mempersulit konversi menjadi lahan perumahan.

roong tondano minahasa sulawesi utara

Sebuah alat sederhana pemisah gabah dari jerami telah disiapkan di pinggiran sawah dan tepian jalan di Roong Tondano, menanti saat yang tepat untuk beraksi kembali.

roong tondano minahasa sulawesi utara

Iring-iringan kendaraan tampak sedang melintas Boulevard Tondano yang membelah pinggiran area persawahan Roong. Saya duga mereka adalah rombongan pejabat pemerintahan Tondano yang hendak kembali ke kota setelah melakukan sebuah kegiatan di sebuah wilayah tertentu.

roong tondano minahasa sulawesi utara

©2020 aroengBinang