Foto Poo An Bio Demak 1

Altar sembahyang bagi Hok Tek Tjeng Sin di Kelenteng Poo An Bio Demak yang digambarkan mengenakan pakaian kebesarannya, berkumis dan berjanggut hitam lebat, mengenakan topi, serta memegang tongkat berkepala naga. Di kanan kirinya tampak ada rupang lain dengan roman wajah yang berbeda. Sebagian badan dari sepasang patung naga berwarna keemasan tampak pada sudut kiri kanan atas foto.

kelenteng poo an bio demak

Altar sembahyang di Kelenteng Poo An Bio Demak bagi Kwan Im Po Sat, Dewi Welas Asih, yang dipercayai akan mengabulkan doa setiap orang yang memintanya dengan hati bersih dan bekerja keras untuk mendapatkannya. Selain dihias arca sepasang naga emas berebut mustika di puncak atap rumahannya, pada kedua tiangnya juga melilit naga yang elok.

kelenteng poo an bio demak

Lampion-lampion dengan nama donatur penyumbangnya. Nama kelenteng menempel pada cermin, dengan penampakan pemotretnya yang biasanya saya hindari. Namun itu mengingatkan bahwa pada waktu itu saya memakai ikat kepala model Sunan Kalijaga dengan kuncir panjang di belakangnya, yang dengan kumis dan jenggot membuat saya terlihat seperti seorang paranormal :)). Di sebelah kiri adalah nama, alamat, serta foto kelenteng di kota-kota lain.

kelenteng poo an bio demak

Kimlo berbentuk pagoda sebagai tempat untuk membakar kertas sembahyang, sebagai kiriman amalan bagi leluhur. Pada jaman dahulu, pembakaran kertas sembahyang adalah merupakan cara seorang kaisar untuk membantu ekonomi orang miskin.

kelenteng poo an bio demak

Ukiran sepasang ikan mas dalam lingkaran dengan ornamen yang semuanya ada dalam keseimbangan. Dalam agama Buddha, ikan mas melambangkan kebahagiaan oleh sebab mereka memiliki kebebasan yang sempurna di dalam air. Ikan juga melambangkan kesuburan, kekayaan yang melimpah, serta kesatuan dan kesetiaan dalam hubungan perkawinan.

kelenteng poo an bio demak

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.