Foto Ngarai Sianok 3

Menyusur jalan beraspal yang mulus lebih jauh lagi, kami menjumpai sebuah jembatan lain, yang dari atasnya terlihat gundukan bukit dengan sebuah pohon tunggal di puncaknya, sementara Gunung Singgalang berdiri gagah kebiruan di latar belakang.

ngarai sianok bukittinggi

Aliran air sungai, yang mungkin kelanjutan dari Batang Sianok, terlihat cukup besar dan bersih, sehingga digunakan penduduk untuk berbagai keperluan, termasuk mencuci pakaian dan mandi di kali, hal yang di kota besar bisa menyebabkan kulit gatal. Jarak antara sawah dan dasar sungai terlihat cukup tinggi, sehingga pengairan sawah tentulah datang dari hulu, atau diangkat dengan kincir air.

ngarai sianok bukittinggi

Pemandangan sawah hijau subur dengan latar tebing kapur yang tinggi menjadi pemandangan elok yang kami lihat ketika menyusuri jalan yang relatif sepi kendaraan. Suasana tenang tenteram, khas keseharian di pedesaan.

ngarai sianok bukittinggi

Batang padi terlihat masih sangat muda, dengan pohon pisang di tepian sawah. Selain pohon pisang, pohon randu juga sering ditanam di tepian area persawahan, yang bisa dipintal untuk membuat tali dan kain.

ngarai sianok bukittinggi

Tampaknya akan sangat menyenangkan duduk-duduk di dangau di ujung sawah di bawah Ngarai Sianok, sambil menyeruput minuman hangat ditemani dengan beberapa potong goreng pisang panas, ditengah suasana alam yang hijau tenang.

ngarai sianok bukittinggi

©2020 aroengBinang