Foto Museum Samanhudi 5

Ihtisar perjalanan Haji Samanhudi yang hanya ditulis dengan spidol di atas kertas, dibuat setahun lalu. Disebutkan riwayat dari mulai ia lahir, menikah pada 1887, naik haji pada 1904, mendirikan Sarekat Dagang Islam pada 16 Oktober 1905, dan berdirinya SI pada 11 November 1911 di Solo. Lalu pada 12 Agustus 1912 SI diskors oleh pemerintah Belanda lantaran dianggap berbahaya. Anggaran Dasar pun diubah, sehingga terbatas lokal. Pada 10 September 1912 HOS Tjokroaminoto masuk SI, SI berbadan hukum, dan SI berubah dari organisasi dagang menjadi organisasi politik.Pada 26 Januari 1913 Kongres di Taman Bola Surabaya. Keputusannya CC tetap di Solo, dan dibentuk 3 departemen, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Pada 23 Maret 1913 Kongres di Sriwedari Solo dengan CC SI Haji Samanhudi.

Museum Samanhudi Solo

Di samping foto Raden Mas Tirtoadhisoerjo di bawah ini ada dokumentasi yang menceritakan riwayatnya yang mendirikan Sarekat Dagang Islamiyah di Bogor pada 1909 sebagai perkumpulan Kaoem Mardika dan mengikuti bentuk Kamar Dagang Tionghoa.

Museum Samanhudi Solo

Sebuah dokumentasi penggalan catatan sejarah tentang bagaimana Haji Samanhudi meminta bantuan RM Tirtoadhisoerjo dalam menyusun AD-ART.

Museum Samanhudi Solo

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.