Foto Makam Siti Nurbaya 1

Ceruk besar dimana terdapat makam Siti Nurbaya, dengan tulisan larangan memotret makam pada dinding batu, sehingga saya pun tidak memotretnya. Tidak ada yang istimewa pada makam ini. Hanya karena namanyalah yang membuat orang penasaran dan datang berkunjung ke sana. Makam ini diakses dengan menuruni tangga batu cukup curam.

makam siti nurbaya padang

Papan penunjuk Makam Siti Nurbaya yang telah tercabut dari tempatnya terlihat tersandar di samping gubug di kaki Gunung Padang. Semoga saat ini sudah ada papan pengganti yang terpasang. Kaki Gunung Padang dicapai selewat Jembatan Siti Nurbaya, belok ke kiri di pertigaan, dan menyusur tepi Batang Arau ke arah barat.

makam siti nurbaya padang

Pemandangan laut Padang di dekat muara Batang Arau dilihat dari sela pohon di kaki Gunung Padang, beberapa saat sebelum memulai pendakian ke puncaknya. Akan sangat baik jika di area tertentu ada pinggiran selebar tertentu yang dibebaskan dari pohon agar memiliki pemandangan yang elok ke arah laut.

makam siti nurbaya padang

Sudat pandang yang lebih baik lagi dari kaki Gunung Padang saat sebuah kapal cepat melintas menuju ke Batang Arau yang tampaknya menjadi salah satu sarana transportasi penting di tempat ini. Di latar depan, di balik batu, tampak seorang pria tengah memancing ikan di tepi laut.

makam siti nurbaya padang

Pandangan lebih dekat pada perahu motor yang melintas dan seorang pemancing yang duduk dibalik sebuah batu besar di puncak Gunung Padang.

makam siti nurbaya padang

©2020 aroengBinang