Foto Makam Siti Nurbaya 2

aroengbinang.com - Sepotong jalan yang akan kami lalui untuk menuju ke Makam Siti Nurbaya di Gunung Padang. Undakan di ujung sana sudah semakin rapat dan menanjak. Kesan kotor dan terabaiakan sangat terasa ketika saya menlintasi jalur pendakian yang mestinya dibuat rapi ini.

makam siti nurbaya padang

Di setiap jarak tertentu di sepanjang jalur pendakian Makam Siti Nurbaya Gunung Padang terdapat tempat istirahat terbuat dari semen yang juga dalam keadaan kotor dan tidak terawat, membuat saya enggan untuk menggunakannya.

makam siti nurbaya padang

Ada juga semacam pendopo dengan dinding terbuka yang bisa dipakai untuk beristirahat dan berteduh jika hujan turun. Namun lagi-lagi kesannya sangta muram yang membuat orangs segan untuk sekadar duduk di dalamnya. Semoga keadaan sekarang sudah jauh lebih baik.

makam siti nurbaya padang

Undakan Gunung Padang yang merana. Saya bisa membayangkan rapi dan indahnya jalur pendakian ini ketika undakan dan tempat-tempat beristirahat itu baru saja selesai dibuat dan diresmikan. Namun jangankan hanya sebuah undakan, istana yang paling megah pun akan menjadi gedung tua menyeramkan jika tidak dijaga dan dirawat.

makam siti nurbaya padang

Sekali-sekali dalam perjalan pendakian ke puncak Gunung Padang yang cukup melelahkan ada pemandangan ke arah laut seperti ini yang agak menghibur, meskipun hanya dari sela-sela pepohonan dengan sudut pandang yang sangat terbatas.

makam siti nurbaya padang