Foto Makam Imogiri 4

Di sebelah kanan Gentong Kyai Mendung ini terdapat beberapa buah makam, yang sepertinya adalah makam penjaga atau juru kunci makam dari generasi sebelumnya, karena tak terlihat ada tanda-tanda kebesaran pada nisan maupun kuburnya.

makam raja-raja mataram imogiri bantul jogja

Gentong Nyai Siyem yang konon merupakan pemberian Kerajaan Siam, Thailand sekarang. Pada gentong terdapat lubang pancuran, dan mestinya menjadi tempat mengalirkan air bagi keluarga dan pengunjung yang hendak membersihkan diri sebelum masuk ke dalam area makam. Hanya saja mengalirkan air ke tempat yang tinggi seperti ini mungkin bukan hal yang mudah.

makam raja-raja mataram imogiri bantul jogja

Sedikit ke depan adalah titik pertemuan antara lorong Barat dan lorong Timur Makam Raja-Raja Mataram Imogiri, dengan jalan masuk utama ada di tengah. Namun saya tidak melewati lorong ini, melainkan menggunakan jalan samping sehingga tidak perlu menuruni undakan yang cukup banyak itu. Di area samping ini terdapat dua orang penjual makanan tradisional yang lesehan di sebuah pendopo cukup luas. Saya sempat menyambar beberapa potong jajanan untuk mengganjal perut lantaran sampai siang itu belum menemukan tempat untuk makan.

makam raja-raja mataram imogiri bantul jogja

©2020 aroengBinang