Foto Makam Bumidirjo 1

Jalan setapak yang menuju ke cungkup Makam Pangeran Bumidirjo.

makam pangeran bumidirjo

Pohon tua yang masih tersisa di dekat cungkup Makam Pangeran Bumidirjo. Pohon tua lainnya yang ada di kompleks makam, yaitu Pohon Trembesi dan Pohon Aga telah lenyap, dan batangnya telah berpindah ke rumah-rumah entah siapa. Hanya perlu keserakahan dan waktu kurang dari sehari untuk menumbangkan pohon yang berusia ratusan tahun.

makam pangeran bumidirjo

Ada tiga makam lainnya di dalam cungkup. Ketiga kijing makam pengikut Pangeran Bumidirjo ini letaknya berdekatan, berjejer dekat tembok depan cungkup, terpisah agak jauh dari kijing Makam Pangeran Bumidirjo.

makam pangeran bumidirjo

Lukisan foto Pangerang Bumidirjo ketika masih diletakkan oleh Nasir di bagian depan kijing makam beliau yang berada di sudut kiri ruangan.

makam pangeran bumidirjo

Di samping belakang kanan terdapat dua makam berjejer bertulis Ki Bumi dan Nyi Lundong, yang menurut Nasir adalah makam orang yang membabat alas Lundong. Menurut Munasir di halaman makam dulu ada pohon Trembesi yang batangnya sepelukan 3 orang, ada pula Pohon Aga yang besar batangnya sepelukan empat orang. Dulu tempat ini juga sangat wingit dan angker. Penghuninya ada macan loreng, macan putih, kutut Majapahit, kera putih, ada ada pula dua naga.

makam pangeran bumidirjo

©2021 Ikuti

Traktir aku secangkir kopi, atau bacakan doa buat mereka yang membuat hidup lebih baik.